DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri dan Peran Orang Tua dimediasi oleh Sikap terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Djoko Dwi Kusumojanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumojanto. Djoko Dwi. 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri dan Peran Orang Tua dimediasi oleh Sikap terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Disertasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed.,M.Si., (II)Prof. Dr. F. Danardana M. M.M.,(III)Dr.H. Sunaryanto, M.Ed.

 

Kata Kunci:pendidikan kewirausahaan, peran orang tua, efikasi diri, sikap dan niat berwirausaha

 

Kajian ini didasari pada pentingnya pendidikan kewirausahaan dengan berbagai variabel yang mempengaruhinya pada mahasiswa, terutama mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Kenyataan menunjukkan, bahwa setelah selesai studi tidak jarang para mahasiswa masih kebingungan akan melakukan apa, selama belum memperoleh pekerjaan yang jelas. Pemberian bekal teori dan praktek berwirausaha melalui pendidikan kewirausahaan diharapkan akan dapat meningkatkan kapabilitas mahasiswa sehingga dapat mengurangi kesenjangan tersebut

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah pendidikan kewirausahaan secara  signifikan berpengaruh terhadap sikap mahasiswa FE-UM untuk berwirausaha?, (2) Apakah efikasi diri secara  signifikan berpengaruh terhadap sikap mahasiswa FE-UM untuk berwirausaha?, (3) Apakah peran orang  tua secara signifikan berpengaruh terhadap sikap mahasiswa FE-UM untuk berwirausaha? (4) Apakah pendidikan kewirausahaan secara signifikan berpengaruh terhadap niat mahasiswaFE-UM untuk berwirausaha?, (5) Apakah efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap niat mahasiswaFE-UM untuk berwirausaha?, (6) Apakah peran orang tua secara signifikan berpengaruh terhadap niat mahasiswa FE-UM untuk berwirausaha?, (7) Apakah sikap  berwirausaha secara signifikan berpengaruh terhadap niat mahasiswa FE-UM untuk berwirausaha?, (8) Apakah sikap mahasiswa berwirausaha secara signifikan memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat mahasiswa FE-UM untuk berwirausaha?, (9) Apakah sikap berwirausaha secara signifikan memediasi pengaruh efikasi diri terhadap niat mahasiswaFE-UM untuk berwirausaha?, (10) Apakah sikap berwirausaha secara signifikan memediasi pengaruh peran orang tuaterhadap niat mahasiswaFE-UM untuk  berwirausaha?

Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, yang sedang atau telah menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan. Sampel penelitian  sejumlah 200mahasiswa yang didapatkan dengan menggunakan teknik systematicrandom sampling. Pendekatan penelitian adalah kwantitatif dengan analisis data menggunakan teknikStructural Equation Model (SEM).

Hasil penelitian terbukti, bahwa (1) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap sikap berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM. (2) Efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap sikap berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM.(3) Peran orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap sikap berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM (4) Pendidikan kewirausahaan tidak memberikan pengaruh terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM. (5) Efikasi diri berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM. (6) Peran orang tua tidak memberikan pengaruh terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM. (7) Sikap berwirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM. (8) Sikap berwirausaha memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM. (9) Sikap berwirausaha memediasi pengaruh efikasi diri terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM. (10) Sikap berwirausaha memediasi pengaruh peran orang tua terhadap niat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UM.

Tidak berpengaruhnya pendidikan kewirausahaan terhadap niat mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang untuk berwirausaha disebabkan oleh proses pembelajaran yang hanya terbatas pada transfer pengetahuan kewirausahaan saja, kurang memberikan aplikasi prinsip dan metodologi kewirausahaan yang dapat meningkatkan kecakapan hidup mahasiswa, misalnya tentang sikap dan keterampilan mengembangkan perencanaan usaha, mengelola dan menjalankan usaha kecil secara berkelompok, maupun perseorangan.

Hasil penelitian memberikan rekomendasi bagi pengembangan pendidikan kewirausahaan, yakni: (1) kepada Pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang perlu mendorong penerapan  variasi dalam menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, menyediakan sarana dan prasarana guna mendukung kegiatan berwirausaha sehingga dapat menciptakan sikap dan niat untuk berwirausaha, (2) kepada orang tua mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, diharapkan dapat mendorong anak untuk mengembangkan hobi dan minat yang dapat memberikan rasa mandiri, dan bangkitnya niat berwirausaha,  bagi orang tua yang berkecukupan dengan finansial, dapat  langsung memberikan modal, agar anak dapat mengembangkan dan menjalankan minat berwirausahanya. Selain itu orang tua hendaknya selalu berkomunikasi dengan anak karena komunikasi adalah faktor penting yang dapat mengetahui keinginan anak, (3) kepada mahasiawa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang hendaknya melatih keterampilannya sehingga setelah lulus kuliah dapat menggunakan keterampilannya untuk berwirausaha.