DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Mawar 2 Banjarmasin

Zain Ahmad Fauzi

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzi, Zain Ahmad. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Mawar 2 Banjarmasin. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd (2) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, mind mapping, hasil belajar

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kontekstual berbasis mind mappingdan pelaksanaan pembelajarana yang tidak menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping di kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin; (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada kelas yang menggunkan pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping dan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis mind mappingdi kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin; (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis mind mappingterhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin.

Penelitian adalah penelitian kuantitatif yang termasuk dalam jenis Eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sasaran dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin. Terdiri dari 29 orang kelas IVA sebagai kelas Eksperimen dan 31 orang Kelas IVB sebagai kelas Kontrol. Pengumpulan data dilakukan dalam 4 tahapan yaitu: Persiapan, pelaksanaan dan Evaluasi. Analisis data menggunakan Indepandent Sample T test dengan bantuan Program SPSS.

Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping di kelas eksperimen telah sesuai dengan langkah-langkah yang dikembangkan peneliti dan pembelajaran yang tidak menggunakan pembelajaran kontektual berbasis mind mapping pada kelas kontrol sesuai dengan langkah-langkah dibuku guru kurikulum 2013. Hasil belajar rata-rata siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis mind mappingsebesar 80,7 dan pada kelas yang tidak menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping sebesar 69,9 melihat hal tersebut maka dapat disimpulkan pembelajaran bahwa hasil belajar rata-rata siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis mind mapping. Hasil uji normalitas menunjukan bahwa sasaran penelitian berdistribusi normal dengan P > 0,05 dan sig. Kelas eksperimen sebesar 13,103 serta kelas kontrol sebesar 0,275. Hasil uji homogenitas menunjukan semua variansi sama (homogen) dengan nilai sig. 0,462 (P > 0,05). Hasil analisis penelitian inimenunjukan nilai signifikan pretestsebesar 0,964 (P > 0,05) maka dapat dikatakan tidak ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan nilai signifikan posttest sebesar 0,001 (P