DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Indrasari 2 Martapura

RIZAL FUADY

Abstrak


ABSTRAK

 

Fuady, Rizal. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Indrasari 2 Martapura. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Ery Tri Djatmika R.W.W., M.A, M.Si (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

 

Kata Kunci: media audiovisual, motivasi belajar, hasil belajar

 

Salah satu faktor eksternal yang begitu mempengaruhi rendahnya hasil belajar di SDN Indrasari 2 Martapura adalahakibat kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran. Kemudian, dari faktor internal yang  ikut mempengaruhi adalah kurangnya semangat belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SDN Indrasari 2 Martapura, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Indrasari 2 Martapura.

Penelitian ini termasuk dalam jenis quasi experiment.Subjek penelitian ini adalah kelas IV yang terdiri atas 60 peserta didik (kelas IV mempunyai tiga kelas paralel) dan kelas yang dipilih yaitu kelas IV-A (kelas eksperimen) dan kelas IV-B (kelas kontrol), adapun kelas IV-C menjadi kelas uji sampel instrumen.

Hasil penelitian ini menunjukkan perhitungan  Independent Sample t-test diperoleh nilai t hitung sebesar 47.293 dengan nilai probabilitas 0,000 atau kurang dari 0,05yang berarti bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap motivasi belajar siswa.Hasil perhitungan Independent Sample T-Test pada hasil belajar awal (pretest) di kelas eksperimen maupun kelas kontrol mendapatkan hasil signifikan sebesar 0.512 dengan nilai probabilitas (p) >0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar awal (pretest) pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil perhitungan Independent Sample T Test pada hasil belajar akhir (posttest) dikelas eksperimen maupun kelas kontrol mendapatkan hasil signifikan sebesar 0,000 dengan nilai probabilitas (p) < 0,05.Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar akhir (posttest) pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol.

Bagi guru, hendaknya media pembelajaran audiovisual dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Bagi sekolah,  hendaknya kepala sekolah memberikan masukantentang penggunaan media pembelajaran audiovisual kepada guru-guru agar terciptanya kondisi pembelajaran yang efektif. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini dengan sebaik- baiknya dan dapat menerapkan hasil temuan yang diperoleh peneliti untuk kepentingan pendidikan dalam upaya peningkatan motivasi maupun hasil belajar pada tema 3 subtema 2 (muatan IPA).