DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Siklus Belajar 5E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 SATAP Satui

Siti Rahmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmah, Siti 2017. Penerapan Siklus Belajar 5E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 SATAP Satui. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Lia Yuliati, M.Pd., (2) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran Siklus Belajar 5E,  penguasaan konsep IPA 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan menguasai konsep IPA karena siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, proses pembelajaran yang masih bersifat informatif, siswa belum diberi kesempatan untuk mengamati secara langsung (melaksanakan praktik/prosesnya), sehingga penguasaan konsep IPA siswa rendah. Penerapan pembelajaran Siklus Belajar 5E diduga akan mempermudah siswa memahami konsep IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa Kelas VII SMP Negeri 8 SATAP Satui melalui pembelajaran siklus belajar 5E.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 SATAP Satui. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menarik kesimpulan dari seluruh data yang telah diperoleh. Data-data yang dianalisis adalah hasil instrumen, observasi aktivitas guru dan siswa yang kemudian dideskripsikan ke dalam penarikan kesimpulan berupa presentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran, rata-rata hasil penguasaan konsep siswa, kemudian didistribusikan ke dalam bentuk tabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan siklus belajar 5E dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan keberhasilan penguasaan konsep siswa mencapai 70% dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,7% yang sangat mempengaruhi peningkatan penguasaan konsep IPA. Hal ini juga dipengaruhi oleh sintak pada pembelajaran siklus belajar 5E yang membuat siswa lebih menguasai konsep yang dipelajari diantaranya fase exploration berbasis informasi (base information),  dimana sumber yang digunakan diperoleh dari berbagai sumber informasi yang dapat mengembangkan proses pencarian informasi untuk menemukan solusi terbaik atas situasi yang mereka hadapi. Pada akhirnya siswa mampu mengaplikasikan konsep yang telah diperoleh terhadap satu situasi baru serta dapat mengembangkan pemahamannya terhadap suatu konsep tertentu.