DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak

Muhammad Rian Subekti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensinya.Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia tentunya dapat mempengaruhi perkembangan manusia dalam seluruh aspek kepribadian dan kehidupannya. Pembelajaran di sekolah yang merupakan proses kompleks yang diselenggarakan secara formal dan tentunya pembelajaran di sekolah tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas saja akan tetapi dilaksanakan di lapangan seperti pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.Aktor yang paling penting dalam proses belajar mengajar yaitu adalah guru yang sangat memiliki peran strategis dalam meningkatkan hasil belajar anak didiknya yang tentunya melalui transformasi nilai ilmu-ilmu pengetahuan yang berlangsung sehingga kemampuan dan keterampilan guru yang rendah akan mempengaruhi hasil belajar yang rendah pula pada peserta didik dan sebaliknya pula maka dari itu pendidikan memerlukan guru.

Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) bagaimana pemahaman Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas se-Kota Pontianak, 2) bagaimana Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus, 3) bagaimana Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan, 4) Bagaimana Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan, 5) bagaimana Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kota Pontianak mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.

Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Peneliti sebagai intrumen utama data dalam penelitian ini dengan berbentuk wawancara tidak terstruktur yang berbentuk kata-kata dari informan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas se-Kota Pontianak yang berkaitan dengan kompetensi profesional, dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan catatatan lapangan. Dalam penelitian ini menggunakansnowball sampling dan 9 informan yang digunakan,data teori, dan metodologi diterapkan untuk mengecek keabsahan data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kompetensi profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas se-Kota Pontianak, sebagai berikut.

1. GuruPendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan(PJOK) di SMA Negeri se-kota Pontianak sudah memahami yang berkaitan dengan kompetensi professional. Informan telah memahami akan pentingnya kompetensi profesional dikuasai untuk menunjang keprofesionalan, berbagai usaha yang dilakukan oleh guru PJOK untuk meningkatkan kompetensi profesional  agar dapat menjalankan perannya sebagai pendidik yang profesional

2.Guru PJOK di SMA Negeri se-Kota Pontianak melakukan tindakan refleksi  terhadap kinerja sendiri secara terus menerus. Informan guru sudah memahami proses evalusi diri, informan menjelaskan bahwa pentingnya melaksanakan evaluasi diri untuk menjadi guru yang profesional namun pada penerapannya masih ada beberapa informan yang tidak bisa melaksanakannya karena tidak ada waktu dan kesibukan informan diluar jam sekolah.

3.Guru PJOK di SMA Negeri se-Kota Pontianak melakukan tindakan refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan. Informan sudah memahamipengembangan keprofesionalan, informan mejelaskan bahwa pentingnya pengembangan keprofesionalan dan berbagai usaha informan guru dalam mengembangkan keprofesionalan dengan mengikuti workshop, seminar,dan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan materi pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

4.Guru PJOK di SMA Negeri se-Kota Pontianak melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. Informanmemahami penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.Informan mengetahui akan pentingnya penelitian tindakan kelas untuk menunjang keprofesionalan dalam mengajar namun mayoritas informan dalam penelitian mengungkapkan bahwa dalam proses pembuatannya meminta bantuan karena kesibukan informan serta kurangnya pemahaman penelitian kelas padahal pelaksanaan tindakan kelas tidak seharusnya menggangu tugas pokok sebagai guruyang  merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksaan proses pembelajaran.

5.Guru PJOK di SMA Negerise-Kota Pontianak mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber.Informan guru sudah memahami mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber dan mengerti bahwa pentingnya mengikuti kemajuan zaman dari belajarberbagai sumber yang merupakan satu aspek yang harus dikuasai guru untuk menjadi tenaga pendidik yang professional.Informan guru memanfaatkan internet untuk mengakses serta mendownloadvideo, audio, artikel serta jurnal untuk menunjang pengajaran di sekolah menengah atas kota Pontianak.

Kepada Guru PJOK di SMA Negeri se-Kota Pontianak yang memiliki kualifikasi pendidikandengan segala kompetensi profesional yang dimiliki, hendaknya terus menerus berupaya meningkatkan kompetensinya melalui seminar, pelatihan, workshop.Serta melaksanakan penelitian tindakan kelas sehingga dapat memperoleh pengetahuan baru bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih efektif, efisien, dan menyenangkan. Terutama dalam hal karya ilmiah seperti Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk lebih di tingkatkan karena dengan melakukan PTK akan terlihat kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang lebih keatiif dan inovatif dalam meningkatkan keprofesionalan guru dalam bidangnya.