DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pola Pengelolaan Ekonomi Pekerja Wanita dalam Pemenuhan Kebutuhan Hidup (Studi pada Pabrik Rokok Gudang Sorgum Kabupaten Malang)

Mahyaya Fuaida

Abstrak


ABSTRAK

 

Pekerja wanita memiliki peranan yang sangat penting bagi proses industrialisasi di Indonesia. Dimana hingga saat ini masih didominasi oleh industri padat karya yang membutuhkan jumlah buruh tidak sedikit untuk melakukan proses produksinya. Namun kontribusi dari pekerja wanita dari segi kuantitas di Indonesia tersebut ternyata tidak diimbangi dengan gaji yang tinggi bagi pekerja wanita tersebut. Di salah satu pabrik rokok yang berada di kabupaten Malang yaitu pabrik rokok Gudang Sorgum yang tepatnya berada di kecamatan Wagir, peneliti menemukan pekerja wanita di pabrik tersebut mempunyai pendapatan yang tergolong rendah dan belum mencapai UMK (Upah Minimum Kerja) kabupaten Malang. Dengan gaji yang rendah tersebut, pekerja wanita harus pandai mengatur pola pengelolaan ekonominya sepertipengelolaan konsumsi, produksi, dan keuangan agar segala kebutuhan hidup pekerja wanita dapat  terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pengelolaan ekonomi pekerja wanita ditinjau dari segi konsumsi, produktivitas, dan pengelolaan keuangan sehingga bisa bertahan dan memenuhi kebutuhan hidup.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi fenomenologi dan teknik pengambilan data snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kehidupan ekonomi pekerja wanita pabrik rokok Gudang Sorgum berada pada kelas menengah kebawah dikarenakan gaji yang diperoleh rendah meskipun rata-rata masa kerja pekerja wanita lebih dari 10 tahun.(2) Pengelolaan ekonomi dari segi konsumsi dilakukan oleh pekerja wanita pabrik rokok Gudang Sorgum untuk pemenuhan kebutuhan dan kelangsungan hidup. Dalam memutuskan pilihan untuk melakukan kegiatan konsumsi pekerja wanita bertindak rasional. (3) Pengelolaan ekonomi dari segi produktivitas pekerja wanita pabrik rokok Gudang Sorgum sangat produktif. (4) Pengelolaan ekonomi dari segi pengelolaan keuangan pekerja wanita pabrik rokok Gudang Sorgum dilakukan tanpa adanya proses yang terstruktur.