DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Smp Negeri Se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

Muhammad Khairul Muna

Abstrak


ABSTRAK

 

Untuk menjadi seorang guru dibutuhkan kemampuan penguasaan materi dan penguasaan terhadap peserta didik. Untuk memenuhi itu semua seorang guru dituntut untuk mempunyai kompetensi yang baik agar proses belajar mengajar lebih kondusif dan berjalan dengan semestinya. Kompetensi profesional adalah tingkat kemampuan guru dalam menguasai materi ajar secara luas dan mendalam, mencakup penguasaan kurikulum, bahan ajar mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.

Kecamatan Sungai Raya dengan luas seperempat dari Kabupaten Kubu Raya dan mempunyai jumlah SMP Negeri terbanyak dari kecamatan lain. Hal ini menjadikan Kecamatan Sungai Raya menjadi pusat pendidikan ini, namun bukan berarti sejalan dengan keberhasilan dalam dunia pendidikan. Seorang guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional khususnya di bidang pendidikan, sehingga perlu dikembangkan sebagai tenaga profesi yang bermartabat dan profesional. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bermaksud melakukan penelitian yang berjudul Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri se-Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dalam kompetensi inti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah kata-kata, dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Teknik pengumpulan data terdiri atas (1) observasi, (2) wawancara/interview, (3) dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan kegiatan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Penelitian ini memilih fokus penelitian pada pemahaman guru terhadap kompetensi profesional dan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri se Kecamatan Sungai Raya memiliki 18 sekolah, namun dari 18 sekolah tersebut hanya 10 sekolah yang memiliki guru Pendidikan Jasmani yang menyandang gelar Strata 1 yang berjumlah 15 guru. Dari 15 guru memiliki latar belakang guru Pendidikan Jasmani dan lulus dengan menyandang Strata 1 jurusan pendidikan jasmani. Dari 15 guru hanya ada satu guru yang bukan dari jurusan pendidikan jasmani. Guru pendidikan jasmani ini terdiri dari guru pegawai negeri sipil dan guru honorer. Guru honorer lebih banyak dari pada guru PNS (Pegawai Negeri Sipil). Guru PNS berjumlah hanya 3 orang sedangkan Sisanya adalah guru honorer dengan masa kerja antara 7 bulan sampai 35 tahun.

Beberapa guru pendidikan jasmani di Kecamatan Sungai Raya mengartikan kompetensi profesional yaitu dari segi penguasaan materi, tindakan disipliner, penggunaan media masa kini, memodifikasi sarana dan prasarana, dan linieritas dalam mengajar. Namun selebihnya guru memahami kompetensi profesional yang langsung menjalaskan sesuai peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2007. SMP Negeri se-Kecamatan Sungai Raya memilih aplikasi WhatsApp sebagai sarana untuk berkomunikasi, sedangkan belajar komputer menjadi salah satu cara guru memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan diri. Namun beberapa guru sudah mulai berliterasi untuk mengembangkan diri dengan membaca dari berbagai sumber seperti e book, artikel, dan jurnal-jurnal yang ada di internet.

Guru usia muda dibawah 30 tahun, lebih cenderung menggunakan semua aplikasi untuk berkomunikasi. Menurut guru-guru muda, aktif di sosialita sudah meraka lakukan sejak sebelum menjadi guru. Mereka sudah menggunakan berbagai sosial media dari masa kuliah. Menurut keterangan guru-guru ini, kepekaan dengan berbagai aplikasi untuk berkomunikasi dengan sosial media karena tuntutan zaman yang mengharuskan mencari informasi dari berbagai sumber. Perbandingan dari pada itu terletak kepada guru pendidikan jasmani senior. Dengan semakin seniornya guru, penggunaan teknologi baik berupa menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi maupun mengembangkan diri dengan membaca berbagai sumber khususnya internet sangat kurang. Hal ini disebabkan lemahnya minat guru senior dalam menggunakan teknologi.

Pemahaman guru pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Sungai Raya tentang kompetensi profesional sudah cukup baik. Hampir semua guru pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Sungai Raya sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik. Memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan peserta didik juga telah dterapkan dengan baik oleh guru pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Sungai Raya. Guru pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Sungai Raya juga memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangakan diri. Hal ini di tunjukkan guru dengan seringnya mencari sumber belajar lain seperti membaca beberapa buku elekronik, internet, jurnal-jurnal terbitan internet, dan video YouTube untuk menambah pengetahuan dan referensi dalam mengajar. Sebaiknya guru-guru senior pendidikan jasmani SMP Negeri di Kecamatan Sungai Raya lebih berliterasi dengan teknologi agar memudahkannya dalam berkomunikasi dan mengembangkan diri agar menambah wawasannya dan meningkatkan profesionalisme dalam mengajar.