DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VII

Agustinus Kembardi Sumbi

Abstrak


ABSTRAK

 

Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki proses psikologis yang berbeda. Ranah sikap diperoleh melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Ranah pengetahuan diperoleh melalui aktivitas mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Ranah keterampilan diperoleh melalui aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pendekatan ini menuntut siswa untuk  produktf, kreatif, inovatif, dan afektif melalui sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi dalam suasana yang konkret, menyenangkan, dan bermakna. Pendekatan saintifik dalam penelitian ini diterapkan untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis cerpen di kelas VII SMP. Keterampilan ini dijadikan fokus karena menulis sastra khususnya cerpen masih belum maksimal, belum sepenuhnya menggambarkan hakikat menulis kreatif sastra.

Tujuan penelitian ini secara umum adalah mengembangkan bahan ajar menulis cerpen. Secara khusus, tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah (1) mengembangkan isi bahan ajar, (2) mengembangkan sistematika atau organisasi penyajian materi bahan ajar, (3) mengembangkan penggunaan bahasa bahan ajar, dan (4) mengembangkan tampilan/kegrafikaan bahan ajar dengan pendekatan saintifik berdasarkan kurikulum 2013.

Model pengembangan penelitian ini diadaptasi dari model R & D (Research and Development). Produk ini dikembangkan melalui langkah (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan dan persiapan, (3) mengembangkan bahan ajar, (4) melakukan uji produk, (5) revisi, dan (6) produk final (produksi).

Hasil pengembangan produk penelitian ini berupa buku siswa yang berisi bahan ajar menulis cerpen dengan pendekatan saintifik, yang mencakup (a) memahami unsur intrinsik teks cerpen, (b) mengeksplorasi beragam sumber sebagai ide/gagasan untuk menyusun teks cerpen, (c) menyusun teks cerpen dengan menemukan beragam bahan untuk  menulis cerpen dari berbagai sumber, (d) menelaah teks cerpen dengan mencermati dan memperbaiki isi dan bahasa teks cerpen. Produk dilengkapi juga dengan petunjuk penggunaan buku, latihan-latihan, dan penilaian. Soal-soal latihan disajikan untuk mengukur “apa yang siswa ketahui” yang disejajarkan dengan aspek pengetahuan dan pemahaman, “apa yang siswa pikirkan” yang disejajarkan dengan pemaknaan, nilai, sikap, dan kekritisan, dan “apa yang harus siswa kerjakan”  dikemas dalam konsep “tiru”, “ubah”, dan “buat sendiri” yang disejajarkan dengan keterampilan dan kreativitas siswa.

Produk bahan ajar kemudian dinilai oleh ahli pembelajaran sastra dan ahli menulis kreatif cerpen yang bertindak sebagai reviewer. Data dalam penelitian ini, yaitu data kuantitatif-kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari instrumen penilaian (angket) berupa checklist  oleh reviewer dan dianalisis dengan menggunakan persentase (%). Data kualitatif diperoleh dari saran, komentar, dan kritik reviewer.

Berdasarkan hasil uji pengembangan produk, hasil validasi ahli pembelajaran sastra, diperoleh skor 94,74%. Artinya, bahan ajar ini sangat layak diimplementasikan dalam pembelajaran menulis cerpen. Ahli pembelajaran sastra memberi saran: (1) materi yang disajikan perlu ditambah, (2) tuliskan uraian dan contoh langkah pendekatan saintifik, (3) uraikan kalimat yang menunjukkan unsur intrinsik dibuat lebih jelas, (4) soal-soal latihan dalam setiap tahapan pendekatan saintifik dibuat lebih beragam, (5) perhatikan penulisan ejaan dan tanda baca, (6) petunjuk perlu disederhanakan, (7) halaman buku terlalu penuh sehingga terkesan memberatkan siswa (8) memperbaiki tampilan kulit buku bagian depan, kata “indahnya” diganti menjadi kata “mudahnya”.

Hasil validasi ahli menulis kreatif cerpen mendapat skor  96,92%. Artinya, bahan ajar ini sangat layak diimplementasikan. Ahli memberi saran agar (1) perlu penyederhanaan defenisi bahan ajar, (2) perlu adanya pengaitan antar unsur intrinsik satu dengan lainnya, (3) latihan membedakan, membandingkan, dan menyimpulkan perlu ditambah, (4) perlu ada penataan agar lebih menarik, (5) perlu adanya penyederhanaan dan variasi bahasa, carilah pengungkapan yang ringan sehingga tidak terkesan teoritis, (6) memperbaiki halaman agar tampilan materi bahan ajar tidak terkesan terlalu penuh.

Hasil validasi ahli (reviewer) menyatakan bahwa bahan ajar berbentuk buku siswa ini sangat layak dan diimplementasikan dalam pembelajaran menulis cerpen. Hal tersebut ditunjukkan dengan total skor rata-rata yang diperoleh adalah 95,45%.

Produk buku siswa ini memiliki beberapa karakteristik, yakni (1) menggunakan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan) dalam setiap kompetensi dasar yang dikembangkan dalam setiap bab, (2) dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran keterampilan berbahasa (membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan), (3) dapat digunakan bagi siswa kelas VII SMP untuk menguasai kompetensi dasar memahami, menyusun, dan menelaah/menyunting teks cerpen (4)  membangkitkan keaktifan siswa secara individu dan kelompok dalam pembelajaran untuk menumbuhkan kesadaran kritis dan mengembangkan  kemampuan menulis kreatif siswa yang pelaksanaannya dapat dilakukan di kelas maupun sebagai latihan di rumah, (5) siswa dapat mengungkapkan ide/gagasan, perasaan, imajinasi, kesan, dan harapan secara tertulis, serta membangkitkan krativitas, produktivitas, dan kecintaan terhadap sastra agar semakin berkembang dan membudaya.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini, disarankan kepada guru dan peneliti lain, untuk mengembangkan bahan ajar dengan pendekatan saintifik dalam bentuk yang lebih menarik, layak, dan efektif untuk meningkatkan pembelajaran dengan tetap mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran, kriteria, syarat, peran, fungsi, tujuan, dan manfaat bahan ajar.