DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Guided Inquiry Berbantuan Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Ujung 1 Tanah Laut

Eka Norlaili

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan siswa dan wali kelas IV pada tanggal 29 Agustus 2017 di SDN Ujung 1 Kecamatan BatiBati Kabupaten Tanah Laut ditemukan pada muatan IPA tema selalu berhemat energi cukup sulit dipahami. Siswa yang diwawancara menyatakan bahwa pembelajaran IPA terfokus pada buku paket dan metode ceramah. Ibu HD sebagai guru wali kelas IV SDN Ujung 1 pada saat diwawancara pun menyatakan bahwa siswa sulit memahami karena siswa bersifat pasif dalam mengikuti pembelajaran. Permasalahan yang terjadi di kelas IV tersebut dibuktikan dengan adanya hasil ulangan harian yang dilakukan wali kelas IV yang menunjukkan bahwa dari 22 orang siswa, hanya 45,45% siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal sedangkan 54,54% siswa masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 60. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Guided

Inquiry berbantuan Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SDN Ujung 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ujung 1 tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 22 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan peneliti dibantu oleh observer. Instrumen pembelajaran terdiri dari silabus, RPP dan LKS. Data penelitian yang digunakan adalah hasil tes siswa dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran melalui penerapan model Guided Inquiry berbantuan Crossword Puzzle. Tes dilaksanakan tertulis kemudian hasilnya dianalisis, ditarik kesimpulan dan diolah dalam bentuk tabel untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran model

Guided Inquiry berbantuan Crossword Puzzle telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian dan hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model Guided Inquiry berbantuan Crossword Puzzle yakni memenuhi indikator ketuntasan klasikal 80%. Sehingga disarankan agar guru dapat menggunakan model Guided Inquiry berbantuan Crossword Puzzle sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.