DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian

Diani Ayu Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi,,Diani Ayu. 2017. Pembelajaran Kooperatif Group Investigation
Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan
Kemandirian. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas
Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W. M. A,
M.Si,(II)Prof.Dr.PunajiSetyosari,M.Pd,M.Ed.

 

Kata Kunci:Group Investigation, Media Audio Visual, Hasil Belajar, Kemandirian

 

Hasil pengamatan pada siswa kelas IVC SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin rendahnya hasil belajar siswa hanya 41% siswa secara klasikal belum mampu mencapai KKM belajar ≥75. Rendahnya kemandirian belajar siswa hanya 30% siswa secara klasikal yang memilki kepercayaan diri yang baik. Sementara penitngnya meningkatkan kemandirian yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada pembelajaran dilaksanakan dengan kelompok secara heterogen, guru menyampaikan tujuan pembelajaran (menggunakan media Audio visual) dan memberikan tugas kelompok berbeda dari kelompok lainya, melakukan investigasi kelompok dengan membahas materi yang sudah ada secara kooperatif yang bersifat penemuan, diskusi kelompok selesai,  juru bicara kelompok mengkomunikasikan hasil kelompok, penjelasan dari guru menggunakan media audio visual, kesimpulan dan Penilaian. Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa pada tema 4 dengan pembelajaran kooperatif investigasi kelompok berbantuan media audio visual.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, model Kemmis dan Mc Taggart. Model ini mulai dengan tahap plan (perencanaan), ect (action/tindakan),observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Kegiatan ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdapat tiga pertemuan. Subjek penelitian pada siswa kelas IVC SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin jumlah 32 siswa, 14 laki-laki dan18 perempuan. Instrumen penelitian ini menggunakan  lembar observasi aktivitas guru, lembar angket kemandirian dan lembar tes evaluasi hasil belajar.

Pembelajaran kooperatif investigasi kelompok berbantuan media audio visual pada tema 4 di kelas IVC SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin dapat meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa. Berdasarkan hasil penelitian ada tiga saran yang diajukan yaitu: (1) Guruperlu menggunakan pembelajaran yang inovatif dan bervariasi untuk peningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa, (2) Kepala sekolah dapat membuat kebijakan dalam rangka mendukung secara penuh kepada semua guru untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran dengan menyuguhkan pembelajaran yang lebih inovatif, salah satunya penerapan pembelajaran  kooperatif investigasi kelompok berbantuan media audio visual, (3) Peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk digunakan dalam penelitian yang lebih luas.