DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Outdoor Learning variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Kelas 5 SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin

Akhmad Riandy Agusta

Abstrak


ABSTRAK

 

Agusta, Akhmad Riandy. 2017. Penerapan Strategi Outdoor Learning variasi Outbound untuk
Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Kelas 5 SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin.Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas, Pascasarjana Universitas NegeriMalang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed. (II)Prof.Dr.CholisSa’dijah,M.Pd.,M.A.

 

Kata Kunci : Outdoor Learning, Outbound, Kreativitas, Kerjasama

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin adalah rendahnya kreativitas dan kerjasama siswa yang dibuktikan dengan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran didalam kelas belum menggunakan strategi khusus bermuatan kreativitas dan kerjasama. Hasil ini didukung pula dengan observasi kemampuan kreativitas dan kerjasama yang menunjukkan bahwa hampir seluruh indikator belum membudaya pada setiap siswa. Permasalahan ini disebabkan proses pembelajaran hanya menerapkan langkah-langkah pada buku guru sehingga belum terfokus pada strategi pembelajaran khusus yang memuat kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan kreativitas dan kerjasama siswa. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran outdoor learning variasi outbound yang dapat meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa kelas 5 SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas 5 SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 34 orang yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan disetiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas dan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran. Analisis data penelitian dilakukan menggunakan rentang skor kreativitas dan kerjasama siswa dengan desain skala Likert dalam lima kategori yaitu sangat baik, baik, sedang, kurang dan rendah. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa observasi keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh skor 39 dengan kriteria sangat baik dan berakhir pada siklus II pertemuan 3 menjadi 44 dengan kriteria sangat baik. Observasi tentang kreativitas siswa pada siklus I pertemuan 1secara klasikal belum ada siswa yang memiliki kriteria kreativitas sangat baik, hasil ini meningkat pada siklus II pertemuan 3 menjadi 73,52% walaupun seluruh siswa telah mencapai kriteria kreativitas baik. Hasil observasi siswa yang memperoleh kriteria kerjasama sangat baik pada siklus I pertemuan 1 secara klasikal masih belum ada, hasil ini meningkat hingga siklus II pertemuan 3 menjadi 76,47% walaupun seluruh siswa telah memperoleh kriteria kerjasama baik. kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi outdoor learning variasi outbound mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, kreativitas dan kerjasama siswa secara bertahap hingga mencapai indikator keberhasilan