DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Etnobotani Masyarakat Suku Using Kabupaten Banyuwangi sebagai Buku Ajar pada Matakuliah Etnobotani

Dwi Swastanti Ridianingsih

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN Ridianingsih, D. S. 2017. Studi Etnobotani Masyarakat Suku Using Kabupaten Banyuwangi sebagai Buku Ajar pada Matakuliah Etnobotani. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd., (II) Dr. Dahlia, M.S.

 

Kata Kunci: Etnobotani, Suku Using, Buku Ajar

 

Pembelajaran pada materi pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat suatu daerah pada matakuliah Etnobotani di Universitas Jember  masih dilakukan dengan ceramah dan presentasi. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pembelajaran pada perkuliahan Etnobotani masih menggunakan power point, handout dan bahan ajar yang tersedia sulit dipahami. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperlukan sumber belajar berupa buku ajar pemanfaatan tumbuhan dari keberagaman suku yang dapat digunakan sebagai tambahan informasi pada matakuliah Etnobotani. Etnobotani merupakan ilmu yang mempelajari interaksi antara tumbuhan dan masyarakat disuatu daerah, salah satunya suku Using di Kabupaten Banyuwangi. Masyarakat suku Using adalah suku asli yang mendiami Kabupaten Banyuwangi, suku Using menjadi salah satu yang mempertahankan adat istiadat using seperti budaya, tradisi kesenian yang ada di Banyuwangi.  Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mempelajari  pengelolaan, pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat suku Using Kabupaten Banyuwangi, (2) Menghasilkan buku ajar sebagai sumber belajar dalam matakuliah Etnobotani yang berjudul Etnobotani Masyarakat suku Using Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Branch yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate dengan 2 tahap, yaitu (1) tahap I: penelitian deskriptif tentang studi Etnobotani pada masyarakat suku Using Kabupaten Banyuwangi melalui survei dan wawancara, (2) tahap II: penelitian pengembangan untuk menyusun buku ajar berdasarkan hasil penelitian deskripstif dari studi Etnobotani.

Hasil penelitian ini adalah (1) didapatkan 121 spesies tumbuhan yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai obat tradisional, bahan pangan, bahan papan/bangunan, ritual adat, pewarna alami, kecantikan/perawatan tubuh, dan pestisida alami, (2) telah dihasilkan buku ajar Etnobotani berjudul “Etnobotani Masyarakat Suku Using Kabupaten Banyuwangi”. Hasil validasi dan uji keterbacaan/uji coba skala kecil buku ajar menunjukkan bahwa buku ajar yang telah disusun dengan kategori valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada matakuliah Etnobotani.