DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Kliping Terhadap Kemampuan Membaca SekilasPada Siswa Kelas 4 Sdn Kandangan Kota 2

Erliyani . Yusuf

Abstrak


ABSTRAK

 

Erliyani Yusuf. 2017. “Pengaruh ModelProblem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Kliping Terhadap Kemampuan Membaca SekilasPada Siswa Kelas 4 Sdn Kandangan Kota 2”.TesisS2 Pendidikan Dasar. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si, Pembimbing II Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW, M.A., M.Si., M.A.

 

Kata Kunci:          Membaca Sekilas, Media Kliping, Problem Based Learning (PBL)

 

Dalamperkembanganpendidikansaatinisiswadituntutdapatmemberikan gagasan-gagasan baru dengan menemukan jawaban terhadap suatu masalah, padapilihan yang rumitsiswadapatmenalardenganbaik, berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa dengan mandiri, mampu mengungkapkan, dan menganalisanya. Hal tersebutdilakukandenganbantuanberbagaiinformasi.Oleh karena itu perlu digunakan model PBLberbantuan media kliping yang mampu memberikan inovasi guna meningkatkan kemampuanmembacasekilassiswa.Klipingdisinibergunauntukmembantusiswamengorganisirinformasidengantema yang sama.

Jenispenelitian yang digunakanpadatesisiniadalah Quasi Experiment, dengandesain pre-posttest. Subjek penelitian ini adalah kelas 4 SDN Kandangan Kota 2 tahun ajaran 2017/2018berjumlah 21 orang padakelaskontroldan 21 orang padakelaseksperimen.Padakelaseksperimendiberikan 3 kali perlakuan.Padapertemuanpertama guru memberikanapersepsidanmembuat media kliping.Padapertemuankedua, guru bersamasiswamelakukan proses pembelajaranmenggunakan model Problem Based Learning (PBL)berbantuankliping. Padapertemuanketiga, guru memberikan posttest.Sedangkanpadakelaskontrolsepertipembelajaran yang biasadilakukan di sekolahyaitu, pendekatansaintifikkurikulum 2013.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa padahasil posttest kelas control dibandingkandenganhasil pretest mengalamipeningkatanreratasebesar 8,9. Kemudianpadakelaseksperimenmengalamipeningkatanreratasebesar 15,2. Hasilanalisismenunjukkanperbedaan yang signifikannilaikemampuanmembacasekilasantarakelompokeksperimendankelompok.Dengandemikian, dapatdisimpulkanterdapatpengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media klipinterhadapkemampuanmembacasekilassiswa. Adapun saran yang dikemukakan peneliti agar model pembelajaran ini dapat diterapkan pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan memperhitungkanmeningkatnya hasilbelajarsiswa.