DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobie Learning Dengan Materi Komplek Makam Kyai Ageng Gribig Untuk Siswa Tingkat SMA

ayu yuztia wardani

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Wardani, Ayu Yuztia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobie Learning Dengan Materi Komplek Makam Kyai Ageng Gribig Untuk Siswa Tingkat SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ari Sapto, M. Hum, pembimbing (II) Dr. Blasius Suprapta, M. Hum.

 

Kata Kunci: Pembalajaran sejarah, motivasi, pemahaman, mobile learning

 

Motivasi dan pemahaman merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Tidak semua siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, serta pemahaman materi secara mendalam. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru sejarah bahwa kurangnya motivasi dan pemahaman siswa disebabkan oleh minimnya media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran sejarah. Selain itu berdasrkan analisis KI KD sejarah kelas X menunjukkan bahwa pada dasarnya materi kebudayaan Islam masih belum mencakup pengaruh Islam di seluruh Indonesia, khususnya pada wilayah Kota Malang. Dengan demikian peneliti berupaya mengembangkan sebuah media pembelajaran yang inovatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning dengan materi Kompleks Makam Kyai Ageng Gribig yang valid, efektif dan praktis untuk guru dan siswa kelas X dalam matapelajaran Sejarah Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model 4-D yang terdiri atas pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (diseminate). Tahap diseminate tidak dilakukan karena memerlukan waktu yang relatif panjang. Dengan demikian penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develope). Tahap awal adalah observasi lapangan guna mengetahui permasalahan pembelajaran dan menentukan produk apa yang akan dikembangkan, tahap dua peneliti mengembangkan sebuah produk yang kemudian di validasi oleh para ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Tahap tiga produk yang telah direvisi diuji cobakan baik ujicoba kelompok kecil maupun uji coba lapangan.

Produk yang dikembangkan adalah sebuah media pembelajaran berbasis mobile learning dengan materi Komplek Makam Kyai Ageng Gribig. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa validitas dari ahli media mencapai 69,23%, ahli bahasa mencapai 76%, dan ahli materi mencapai 64%. Hasil tanggapan guru Sejarah terhadap produk yang dikembangkan mencapai 92%, tanggapan siswa dalam uji coba kelompok kecil mencapai 84,8%, sementara uji coba lapangan mencapai 88%.

Keefektifan produk ditunjukkan pada perolehan tingkat motivasi belajar siswa yang mencapai: aspek minat 87,5%, aspek perhatian 83%, aspek konsentrasi 89,75% dan aspek ketekunan 87,75%. Selain itu pemahaman siswa ditunjukkan pada perolehan hasil uji tes, perolehan daya serap mencapai 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning melalui kajian Komplek Makam Kyai Ageng Gribig valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia.

Produk pengembangan yang peneliti buat diharapkan mampu memberikan inovasi baru dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran Sejarah. Selain itu diharapkan pengembang selanjutnya untuk melakukan inovasi yang lebih kreatif, sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan dan efisien.