DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Modus Belajar di Kelas, Tipe Lokus Kendali, Etos Belajar, Karakteristik Tempat Praktik Kerja Profesi terhadap Kapabilitas dan Mindset Entrepreneurship Lulusan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan

Suyitno . Suyitno

Abstrak


ABSTRAK

 

Suyitno, 2017.  Pengaruh Modus Belajar di Kelas, Tipe Lokus Kendali, Etos Belajar, Karakteristik Tempat Praktik Kerja Profesi terhadap Kapabilitas dan Mindset Entrepreneurship Lulusan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Amat Mukhadis, M.Pd. (II) Dr. SyariefSuhartadi, M.Pd. (III) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd.

 

Kata Kunci :         modus belajar, tipe lokus kendali, etos belajar, karakteristik tempat praktik kerja profesi, kapabilitas lulusan, mindset entrepreneurship.

 

Tujuan penelitianadalah  menemukan, memverifikasi, danmengujipengaruhlangsung: (1) modus belajar di kelasterhadapkapabilitaslulusan, (2) tipelokuskendaliterhadapkapabilitaslulusan, (3) etosbelajarterhadapkapabilitaslulusan, (4) karakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapkapabilitaslulusan, (5) modus belajarterhadapmindset entrepreneurshiplulusan, (6) tipelokuskendaliterhadapmindset entrepreneurshiplulusan, (7) etosbelajarterhadapmindset entrepreneurshiplulusan, (8) karakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapmindset entrepreneurshiplulusan, (9) kapabilitaslulusanterhadapmindset entrepreneurshiplulusandan(10)  modus belajar, tipelokuskendali, etosbelajardankarakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapkapabilitasdanmindset entrepreneurshiplulusan.

Penelitianinimenggunakanexploratory research dandescriptive research,digunakanpendekatankuantitatifdenganmetodesurvei.Variabel-variabel yang terlibatadalahvariabel modus belajar di kelas, tipelokuskendali, etosbelajar, karakteristiktempatpraktikkerjaprofesi, kapabilitaslulusan, danmindset entrepreneurship.Adapunsifathubunganantaravariabel-variabeltersebutadalahvariabel-variabelbebasberpengaruhlangsungdantidaklangsungterhadapvariabel-variabelterikat.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhtaruna PKTJ, program studi Diploma IV TKO sebanyak 109 taruna, Diploma III PKB sebanyak 182 tarunadan Diploma IV MKTJ sebanyak 225 tarunadenganjumlah total tarunasebanyak 516 orang. Teknik sampling yang digunakandalampenelitianinimenggunakanproportional random samplingdengananggapanpopulasitarunadianggaphomogen.Sampel yang diambiluntukjumlahpopulasi 516 tarunasebanyak 230 orang tarunadiutamakanbagi yang sudahmelaksanakanpraktikkerjaprofesiuntukpenentuanjumlahsampeldaripopulasitertentu yang dikembangkanrumus  10 kali jumlahvariabelparametriknyasebanyak 23 variabel.Teknikpengumpulan datadenganmenggunakankuesioneratauangket yang dibagikankepadataruna yang sudahlulus yang dipilihsebagaisampel.

Penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling)dengan program AMOS. Subjek penelitian ini adalah seluruhtaruna PKTJ. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas intrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruhlangsung dan signifikan modus belajar di kelasterhadapkapabilitaslulusan, (2) ada pengaruhlangsung dan signifikan tipelokuskendaliterhadapkapabilitaslulusan, (3) ada pengaruhlangsung dan signifikan etosbelajarterhadapkapabilitaslulusan, (4) ada pengaruhlangsung dan signifikan karakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapkapabilitaslulusan, (5) ada pengaruhlangsung dan signifikan modus belajarterhadapmindset entrepreneurshiplulusan, (6) ada pengaruhlangsung dan signifikan tipelokuskendaliterhadapmindset entrepreneurshiplulusan, (7) ada pengaruhlangsung dan signifikan etosbelajarterhadapmindset entrepreneurshiplulusan, (8) ada pengaruhlangsung dan signifikan karakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapmindset entrepreneurshiplulusan, (9) ada pengaruhlangsung dan signifikan kapabilitaslulusanterhadapmindset entrepreneurshiplulusan,dan(10) ada pengaruhlangsung dan signifikan antara modus belajar, tipelokuskendali, etosbelajardankarakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapkapabilitaslulusandenganmindset entrepreneurship.

            Berdasarkan temuan penelitian di atas, ada beberapa hal yang perlu disampaikan:

 (1) modusbelajaryang dilakukanolehdosenterhadaptarunadi kelasdariaspekscientificyaknidijelaskandenganlogika, interaksi yang baikantardosendengantaruna, mendorongberpikirkritis, mendorongtaruna agar mampumenerapkansehinggarespontarunaperlu lebihmeningkat, (2) perlu mengembangkankegiatan yang memicu rasa percayadiritaruna agar mampumenyelesaikansesuatuhaltanpaharusmengharapkankeberhasilandaripihakluarsehingga dapat meningkatkan kapabilitasmelaluikecakapanhard skill, soft skillmaupunjiwakompetitif,(3) etosbelajar yang baiktidaksertamertamunculdariindividutarunamelainkanharus di dukungdaripihakinstitusisehinggamenjadikanlulusan yang mempunyaikapabilitastinggi,dan (4) karakteristiktempatpraktikkerjaprofesimenentukankemampuanakhirtarunakarenamelaluikegiatantersebutmampumengaktualisasikankemampuansebagaiajangsinkronisasikemampuan yang akanditemui di tempatkerjasesungguhnya, (5) temuan penelitian ini dapat dijadikanbahanpertimbangan dan evaluasidalampengembanganpembelajaran di institusipendidikanpadaumumnya.