DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Analisis Gerak Kualitatif dan Kuantitatif Teknik Dasar Futsal Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang

Fauzi Trijunaidi Abdillah

Abstrak


ABSTRAK

 

                     Abdillah, Fauzi Trijunaidi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif
Analisis Gerak Kualitatif dan Kuantitatif Teknik Dasar Futsal Untuk
Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang.
Tesis. Jurusan Pendidikan Olahraga, Progam Pascasarjana Universitas Negeri
Malang. Pembimbing: (1) Dr. Saichudin, M.Kes., (II) Dr. Eko Hariyanto,
M.Pd.

 

Kata Kunci: bahan ajar, multimedia interaktif, analisa gerak teknik dasar futsal

 

Banyaknya materi yang harus disampaikan pada matakuliah futsal untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang berdampak pada minimnya kesempatan mahasiswa menerima penjelasan tentang materi tentang teknik dasar futsal. Pelaksanaan pembelajaran futsal di lapangan menjadikan proses pembelajaran dan penerimaan materi kurang maksimal juga media yang digunakan sangat terbatas. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai akan menjadikan pembelajaran menarik dan dapat merangsang minat mahasiswa. Dengan kata lain mahasiswa mudah dalam mendapatkan informasi serta materi yang disajikan dalam bentuk media pembelajaran, sehingga tercapai tujuan belajar dengan maksimal. Maka penulis ingin mengkolaborasikan antara teknik dasar futsal dan analisis gerak yang dikemas dalam bentuk bahan ajar multimedia interaktif sebagai penunjang pembelajaran matakuliah futsal mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan bahan ajar multimedia interaktif analisis gerak kualitatif dan kuantitatif teknik dasar futsal untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang, yang diharapkan nantinya dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami konsep tentang teknik dasar futsal.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan merujuk model pengembangan Lee & Owens, dengan prosedur pengembangan sebagai berikut. (1) analisis kebutuhan, (2) melakukan analisis awal dan akhir,  (3) desain produk, (4) pengembangan produk, (5) pelaksanaan, (6) evaluasi produk. Hasil data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari penilaian angket dan data kualitatif didapatkan dari kritik atau saran dari para ahli serta subjek penelitian yang digunakan dalam penyempurnaan pengembangan produk.

Produk hasil pengembangan ini berupa bahan ajar multimedia interaktif analisis gerak kualitatif dan kuantitatif teknik dasar futsal. Produk tersebut dikemas ke dalam macromedia flash yang dioperasikan menggunakan laptop atau komputer. Tampilan awal yang terdapat pada produk macromedia flash ini diantaranya: 1) logo lembaga, 2) nama pencipta, 3) judul produk, dan 4) video pembuka. Sedangkan untuk menu utama terdiri dari lima menu, yaitu: 1) analisis gerak teknik dasar passing, 2) analisis gerak teknik dasar dribbling, 3) analisis gerak teknik dasar chipping, 4) analisis gerak teknik dasar controlling, dan 5) analisis gerak teknik dasar shooting.

Hasil penilaian atau evaluasi yang didapatkan terhadap pengembangan media pembelajaran ini yaitu hasil validasi ahli media mendapatkan persentase 93,6%, hasil validasi ahli biomekanika mendapatkan persentase 95%, dan hasil validasi ahli futsal mendapatkan persentase 98%. Dari hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata persentase 93,25% dan dari hasil uji coba kelompok besar mendapatkan rata-rata persentase 94,5%.

Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk bahan ajar analisa gerak kualitatif dan kuantitatif teknik dasar futsal untuk mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan Universitas Negeri Malang dinyatakan layak dan valid untuk digunakan dalam perkuliahan mata kuliah futsal. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat mempermudah proses pembelajaran mata kuliah futsal.