DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IS-1 SMA Negeri 5 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

sudarman sudarman

Abstrak


ABSTRAK

 

                                 Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan oleh SMA Negeri 5 Barabai adalah 70. Berdasarkan hasil ulangan geografi pokok bahasan poros maritim di kelas XI IS-1 bahwa hanya 10 orang dari 31 peserta didik yang mencapai KKM. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan peserta didik sulit menyelesaikan soal C4 (menganalisis) dan tidak terlatih dibimbing untuk melakukan diskusi kelompok agar aktif memecahkan masalah dan mengemukakan pendapat. Faktor ini terjadi akibat guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat teacher-centered dan kurangnya penggunaan media pembelajaran visual. Upaya untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual.

                                 Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pertemuan pada setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar disetiap akhir siklus.

                                 Hasil penelitian dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media visualmenunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari 32, 26% pada pra tindakan menjadi 54, 84% pada siklus 1. Hasil tersebut belum mencapai ketuntasan secara klasikal sebanyak ≥80% dan perlu dilakukan siklus ke 2. Hasil belajar peserta didik pada siklus ke 2 meningkat sebesar 32, 25% dengan presentase hasil belajar 87, 09%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai.

 

                                 Bedasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru yang akan melakukan penelitian untuk mempersiapkan alat, bahan dan media pembelajaran yang kontekstual dan sesuai dengan materi pembelajaran. Memperhatikan kesesuian waktu dengan RPP serta memilih observer yang benar-benar memahami model pembelajaran inkuiri terbimbing. Bagi peneliti lain, hendaknya mengunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media visual dengan subjek penelitian (peserta didik) yang berbeda dan objek (materi pembelajaran) yang juga berbeda terhadap peningkatan keberhasilan belajar peserta didik.