DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Metode Debat Berbasis Dokumen: upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Mahasiswa dalam Pembelajaran Sejarah

Ima Ria Fitriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriani, Ima Ria. 2017. Pengembangan Metode Debat Berbasis Dokumen: upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Mahasiswa dalam Pembelajaran Sejarah. Tesis, Program Studi Pendidikan Sejarah, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ari Sapto, M.Hum., (II) Dr. Sukamto, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: metode debat, dokumen, kemampuan berpikir kritis, pemahaman

 

Dokumen merupakan sumber penulisan sejarah. Penggunaannya sebagai sumber belajar merupakan salah satu cara meningkatkan interaksi mahasiswa dengan sumber primer dan agar lebih memahami metode sejarah. Pembelajaran sejarah berbasis dokumen sangat diperlukan di tengah pembelajaran yang cenderung berpusat pada pembelajar. Oleh karena itu, diperlukan metode yang aktif dan menyenangkan agar pembelajaran berbasis dokumen lebih dinikmati oleh mahasiswa dan lebih berpusat pada pebelajar. Melalui penelitian dan pengembangan ini, peneliti mengkombinasikan metode sejarah dengan metode debat menggunakan dokumen sebagai sumber belajar, sehingga terbentuk sebuah metode debat berbasis dokumen.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah metode alternatif, yaitu metode debat berbasis dokumen yang valid, praktis dan efektif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menghasilkan dua produk, Produk 1 yaitu metode debat berbasis dokumen dan Produk 2, yaitu materi pendukung metode debat berbasis dokumen. Kedua produk tersebut divalidasi oleh ahli dan diterapkan dalam kelas melalui uji lapangan. Melalui proses tersebutlah, diketahui tingkat kelayakan atau kevalidan produk dan keefektifan produk dilihat dari hasil peningkatan nilai dalam pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan pembelajaran adalah model Constructivist Instructional Design (CID) dari Willis (1995; 2000). CID adalah suatu model pengembangan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dengan pola kerja R2D2 (Reflective, Recursive, Design, and Development). Struktur model CID itu terdiri dari 3 tahap, yakni (1) define, (2) design and development, dan (3) dissemination.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk 1, yaitu metode debat berbasis dokumen dinilai layak dan valid untuk digunakan, dengan skor 3,58 dari skor maksimal 4,0 berdasarkan penilaian validator ahli metode atau desain pembelajaran, (2) produk 2, yaitu materi penunjang metode debat berbasis dokumen, dinilai layak dan valid untuk digunakan, dengan skor 3,54 dari dari skor maksimal 4,0 berdasarkan penilaian ahli materi, (3) kedua produk tersebut cukup praktis untuk digunakan, dengan skor 2,9 berdasarkan observasi penerapannya di kelas, dan (4) kedua produk tersebut efektif untuk digunakan, dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman sebanyak 82%, untuk kriteria sedang dan tinggi. Peneliti menyarankan untuk penelitian lebih lanjut agar fokus pada pengembangan bahan ajar yang berbasis dokumen dengan pendekatan yang berbeda.