DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pendidikan Ekonomi pada Keluarga Transmigrasi di Desa Panca Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan

Irma Suryani

Abstrak


ABSTRAK

 

Suryani, Irma, 2017. Pendidikan Ekonomi pada Keluarga Transmigrasi di Desa Panca Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd (II) Dr. Sunaryanto, M.Ed

 

Kata Kunci : Pendidikan Informal, Kegiatan Ekonomi, Keluarga Transmigrasi

 

Pendidik merupakan bagian yang penting dalam pendidikan, karena pendidik bertanggung jawab dalam membimbing dan membentuk pribadi anak didiknya. Orang tua berperan sebagai pendidik di dalam keluarga sehingga sikap dan tindakannya sehari-hari memberi stimulus terhadap tingkah laku anak-anak. Proses pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga, biasanya tidak terprogram dan terjadwal sehingga berlangsungnya bisa terjadi setiap saat dan mungkin bersifat insidental. Pada proses tersebut, keteladanan dan sikap keseharian orang tua serta intensitas komunikasi anak dan orang tua dalam kehidupan berkeluarga menjadi poin penting bagi pendidikan ekonomi dalam keluarga. Pemahaman akan aktivitas produktif dan ekonomis pada orang tua ini penting dalam pengembangan sikap yang dapat mendorong pencapaian efektifitas dan efisiensi atas aktivitas tersebut yang dilakukan melalui pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga. Dengan adanya kesadaran akan pendidikan ekonomi di dalam lingkup keluarga ini diharapkan mampu memperbaiki perekonomian keluarga transmigrasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana potret kehidupan ekonomi keluarga transmigran, bagaimana makna pendidikan ekonomi keluarga transmigran di desa Panca Mulya Kecamatan air Kumbang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, dan bagaimana proses pendidikan ekonomi yang dilakukan keluarga transmigrasi di Desa Panca Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teknik snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kehidupan ekonomi keluarga transmigran dalam penelitian ini dapat tergolong sebagai keluarga yang memiliki pendapatan yang sudah baik dengan  rata-rata masa kerja lebih dari 10 tahun. (2) Pemaknaan pendidikan ekonomi melalui pendidikan formal dan  pendidikan ekonomi dalam  keluarga dapat menggambarkan bahwa orang tua memberikan bekal pengetahuan serta pemahaman tentang ekonomi yanga ada didalam kehidupan sehari-hari di keluarganya. (3) Proses pendidkan ekonomi keluarga yang dilakukan oleh orang tua kepada anak mencangkup kegiatan produktif, kegiatan konsumsi dan pengelolaan keuangan. Di dalam proses pendidikannya orang tua memiliki peranan yang sangat penting yaitu mengajarkan kepada anak untuk belajar dari apa yang disampaikan orang tua melalui perilaku yang dilakukan oleh orang tua.  Orang tua dan anak menjadi input dalam  proses pembelajaran ini, kemudian pengalaman, kegiatan sehari-hari serta lingkungan menjadi media belajar ekonomi dalam keluarga sehingga keluaran yang diinginkan yaitu anak mampu atau memiliki sikap yang sehat mengenai keuangan dan mampu bertanggungjawab secara finansial.