DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan model think talk write dalam meningkatkan kemampuan pemecahan soal cerita matematika siswa kelas 4 sdn cindai alus 1 martapura

amalia brendawati habel

Abstrak


ABSTRAK

 

Habel, AmaliaBrendawati. 2017. Penerapan Model Think Talk Write (TTW) dalamMeningkatkanKemampuanPemecahanSoalCeritaSiswaKelas IV SDN CindaiAlus 1 Martapura. Tesis.Program StudiPendidikanDasarPascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. CholisSa’dijah.,M.Pd., M.A. Pembimbing (II) Dr. EdyBambangIrawan, M.Pd.

 

Kata Kunci: Think Talk Write, kemampuanpemecahansoalceritamatematika

 

Pembelajaranmatematika di SDN CindaiAlus 1 Martapurasiswamasihmengalamikendaladalampemecahanmasalah.Kondisitersebutterlihatdarihasilobservasi guru yang dilakukanpadatanggal 10-15 Februari 2017 masih banyalk siswa yang sulit memecahkan soal cerita matematika, maka dari itu penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan model Think Talk Writeterhadapkemampuanpemecahansoalceritamatematika.Penelitiandilakukanpadasiswakelas IV SDN CindaiAlus 1 Martapuratahunajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 orang.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK), Padatahapinipenelitimelaksanakanempattahapanpenelitiandalamsiklusyaituperencanaan (planning), tindakan (acting), pengamantan (observing), danrefleksi (reflecting).

Data dan sumber data yang dikumpulkandalampenelitianiniadalahhasillembarobservasi (aktivitas guru dansiswa), hasilkerjasiswa di LKS, hasilwawancara, danhasiltesakhirsiklus 3.Tindakanpenelitiandikatakanberhasiljikakegiatanpembelajaran TTW mencapai 80% ataukategoribaik.HasilpenelitiandaripenerapanpembelajaranThink Talk Writetelahtercapaipadasikluske 3 adapeningkatanbelajaryaitupadasiklus 1 menunjukkan 49%, padasiklus 2 meningkatmenjadi 65% belummemenuhikriteriaketuntasan, danpadasiklus 3 menunjukkanadanyaketuntasansebesar 88%.Berdasarkanhasil penelitian tersebutdapatdisimpulkanbahwa model ThinkTalkWritedapatmeningkatkanpemecahan soal ceritamatematika siswa Kelas IV SDN CindaiAlus 1 Martapura.

Padapenelitianiniterbuktibahwasiswa yang padaawalnyatidakpercayadirisaatakanmengerjakansoalmatematikadantidakadamotivasiuntukbelajarmatematikakarenasudahberprasangkabahwamatematikaitusulit, sangatterbantudenganadanyamodel ThinkTalkWrite. Model pembelajaran.Pada model pembelajaranThinkTalkWriteinisiswaterdoronguntukberpikirdanterlibatsecaralangsungdalam proses belajarmengajar. Bagi peneliti yang ingin meneliti kemampuan pemecahan soal cerita matematika hendaknya dapat mengembangkan pada materi yang lain yang lebih komplek dengan memperhatikan materi prasyarat, penggunaan waktu dan tempat duduk siswa.