DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Partisipasi Komite sekolah pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SDN Kota Malang (Studi Multi Situs SDN Kauman I dan SDN Rampal Celaket II Malang)

Fatik Lutviana Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Fatik Lutviana. 2017. Partisipasi Komite sekolah pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SDN Kota Malang (Studi Multi Situs SDN Kauman I dan SDN Rampal Celaket II Malang). Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed, (II) Dr. H. Syamsul Hadi, M.Pd, M.Ed

 

Kata kunci: partisipasi, komite sekolah, ekstrakurikuler

 

Sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses pendidikan, tidak hanya menyediakan pendidikan intrakurikuler, sekolah juga menyediakan pendidikan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dapat dikategorikan sebagai sebuah ciri khas dari sekolah tersebut. Hal ini menandakan bahwa keberadaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangatlah penting karena sekolah bisa memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menyalurkan bakatnya dan tidak hanya sebagai pelengkap pembelajaran di sekolah tetapi justru menjadi sebuah tempat pengembangan bakat yang tertanam dalam diri siswa. Berdasarkan wawancara dengan salah satu Dinas Pendidikan Kota Malang terdapat empat SD terbaik dalam pengelolaan ekstrakurikuler, di antaranya yaitu: SDN Rampal Celaket II Malang dan SDN Kauman I Malang.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis multi situs. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumen. Observasi yang dilakukan yaitu  observasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, observasi rapat komite sekolah pada kegiatan esktrakurikuler serta observasi bentuk partisipasi komite sekolah pada kegiatan ekstrakurikuler. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, ketua komite sekolah, sektretaris komite sekolah, koordinator komite sekolah serta pembina ekstrakrikuler. Dokumen yang dianalilis yaitu visi misi kegiatan ekstrakurikuler, program kegiatan ekstrakurikuler, pedoman komite komite sekolah serta notulen rapat komite sekolah.

Dari hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh keterangan bahwa; (1) kegiatan ekstrakurikuler di SDN Kauman I dan SDN Rampal Celaket II Malang dilaksanakan sesuai masing- masing jadwal, terdapat dua jenis kegiatan ekstrakurikuler yaitu ekstrakurikuler wajib dan pilihan, program kerja dirancang oleh masing- masing pembina ekstrakurikuler dan dimusyawarahkan kepada pihak sekolah, partisipasi komite sekolah pada kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan layanan yang baik terhadap kegiatan ekstrakurikuler; (2) partisipasi komite sekolah berdasarkan peran komite sekolah meliputi; (a) partisipasi komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan pada kegiatan ekstrakurikuler memiliki dampak yang positif terhadap kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan yang sering dilakukan yaitu dengan mengadakan rapat bersama komite sekolah dan orang tua siswa., (b) partisipasi komite sekolah berdasarkan peran komite sekolah sebagai pemberi dukungan kegiatan ekstrakurikuler memiliki dampak yang baik pada kegiatan ekstrakurikuler. Dukungan komite sekolah pada kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan layanan dan fasilitas terhadap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler baik bersifat lomba, acara pentas seni maupun kegiatan yang dilakukan diluar sekolah seperti kemah persami, (c) partisipasi komite sekolah berdasarkan peran komite sekolah sebagai pengontrol kegiatan ekstrakurikuler diantaranya; keterlibatan komite sekolah dalam hal ini yaitu mengawasi proses pengambilan keputusan kegiatan ekstrakurikuler, mengawasi pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah maupun luar sekolah dan mengawasi alokasi anggaran pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, dan (d) sebagai penguhubung kegiatan ekstrakurikuler komite sekolah rutin mengadakan rapat bersama pihak sekolah dan orang tua murid selain itu rapat insidental dilaksanakan menjelang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Peran komite sekolah tersebut dilaksanakan guna untuk menunjang dan mendukung pelayanan kegiatan ekstrakurikuler agar dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi siswa dan anggota sekolah.