DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kecakapan Bertindak dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Paupaga Ngada

Maria Akorlin Wawo Ria

Abstrak


ABSTRAK

 

Ria Wawo, Akorlin Maria. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kecakapan Bertindak dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Paupaga Ngada. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pscasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sulton, M Pd. (2) Prof. Dra. Herwati Susilo, M.Sc. Ph.D.

 

Kata Kunci :  Think Pair Share Media Gambar, Kecakapan Bertindak, Hasil Belajar IPS.

 

Hasil observasi awal pada siswa kelas IV SDI Paupaga Ngada ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran IPS yaitu mengenai rendahnya kecakapan bertindak dan hasil belajar yang ditunjukkan oleh siswa. Ketika proses pengajaran berlangsung ditemukan  permasalahan dalam proses pembelajaran IPS yaitu: (1) guru masih menggunakan model yang bersifat eksposisi yakni model pembelajaran yang berpusat pada guru. (2) dalam penyajian materi pelajaran IPS guru tidak menggunakan metode atau media pembelajaran yang melibatkan siswa. (3) selama proses pembelajaran siswa tidak berani bertanya, menjawab pertanyaan, karena kurangnya percaya diri siswa dalam menuangkan pendapat dan memberi komentar selama kegiatan belajar sehingga anak terlihat pasif dan suasana kelas menjadi tenang. (4) kurangnya sumber buku dan media pembelajaran IPS. Kondisi tersebut memberikan dampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memiliki prosedur yang secara eksplisit memberikan siswa lebih banyak waktu untuk berpikir kritis, menjawab dan saling membantu satu sama lain. Upaya untuk mendukung proses pembelajaran di kelas supaya lebih bervariasi dan menarik untuk siswa agar siswa lebih berani berpendapat, bertanya, menjawab, dan memberi komentar dalam kegiatan pembelajaran didukung dengan media gambar yang membantu selama proses pembelajaran sehingga siswa dan guru merupakan satu kesatuan yang harus bekerja sama untuk membangun interaksi di dalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model Kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar untuk meningkatkan kecakapan bertindak dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDI Paupaga Ngada.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 3 pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan sebanyak 3 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Paupaga Ngada, dengan subyek penelitian 20 siswa kelas IV tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi yang sudah divalidasi.

Hasil penelitian, penerapan model Kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar, usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan bertindak dan hasil belajar siswa yaitu: (1) think, memberi kesemparan kepada semua siswa untuk berpikir kritis secara individu dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan mengamati media gambar yang ditampilkan LCD dan LKS; (2) pair, mendiskusikan hasil kerjanya masing-masing siswa dengan kelompoknya (berpasangan); (3) share, memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi pasangan kelompoknya dan mau menerima masukan atau saran dari pasangan kelompok lain. Analisis data membuktikan adanya peningkatan kecakapan bertindak dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran di setiap siklus.

Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar untuk meningkatkan kecakapan bertindak dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDI Paupaga Ngada, terlaksana dengan sangat baik; (2) kecakapan bertindak siswa yang ditunjukkan oleh hasil observasi pada siklus siklus I mencapai rata-rata 71,31%, dengan kriteria sedang dan pada siklus II kecakapan bertindak siswa meningkat menjadi kriteria sangat tinggi dengan nilai rata-rata 82,14%; (3) hasil belajar IPS siswa, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60%, dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari siklus I dan siklus II sebesar 25%.

 

ABSTRACT

 

Ria Wawo, Akorlin Maria. 2017. The implementation of cooperative model type Think Pair Share (TPS) with the help of image media as to improve the acting skills and learning outcomes of fourth grade social studies students in SDI Paupaga Ngada. Thesis, Primary School Education Program Universitas Negeri Malang. Advisors: (1) Dr. Sulton, M Pd. (2) Prof. Dra. Herwati Susilo, M.Sc. Ph.D.

 

Keywords: Think Pair Share, Image Media, Acting Skills, Learning Outcomes Of Social Studies

 

The result of initial observation on fourth grade students of SDI Paupaga Ngada found problems in the social course learning process that is about the low of the acting skills and the learning result shown by the students. When the teaching process took place found problems in the learning process of social course are: (1) teachers still use the model that is an exposition of teacher-centered learning model. (2) In the presentation of the subject matter social studies teachers do not use the method or media involving students. (3) During the learning process students do not dare ask questions, answer questions, because the lack of self-confidence students in pouring opinions and comments during the learning activities so that children look passive and the classroom atmosphere becomes calm. (4) Lack of books and media social studies.

This condition giving effect to the low attainment of results of students to study on the subjects of social studies. Learning model think pair share (TPS) have a procedure which explicitly giving students more time to think critically, answering and assist one another. An effort to support the process teaching material so that people are more varied and compelling to students in order to students to be more willing believes that ask, said, and to give a comment in learning activities supported with media images that help during the process of learning and so students and teachers are joined which is to be worked together to build interaction in it. The purpose of this research that is described the application of cooperative model type think pair share (TPS) use pictures to increase medias skills act and learning outcomes fourth grade social studies students SDI Paupaga Ngada.

The research is the Act of Class Research (ACR) which includes several phases: planning, the implementation of the act of, observation and reflection. The ACR process of alignment was done in two cycle, in the cycle also carried out 3 meeting while in the cycle ii also carried out 3 meeting. The research in SDI Paupaga Ngada, with his subject’s research 20 students as their representatives of class IV in 2016 / 2017.Research instruments used in the collection of data using sheets of observation, the test results learning and the documentation has been validated.

The research result, of the implementation cooperative model type Think Pair Share with the help of image media, the efforts have been done to improve student learning skills act and the results among others: 1) Think, offer the opportunity to all students to think critically individually to resolve the problem by observing media images displayed LCD and. LKS. (2) Pair, to discuss the results of each students with their own group (pairs). (3) Share, provide the opportunity to students for presented the results of the discussion couples his group and accept the feedback or suggestions of the other groups. Data analysis proves the increase in act skills and learning outcomes of students that happened during follow their experiences in the every cycle.

The research result shows that: (1) the implementation of cooperative model type Think Pair Share (TPS) with the help of image media as to improve the acting skills and learning outcomes of fourth grade social studies students in SDI Paupaga Ngada is done very well. (2) Students skills act shown by observations on cycles I reach on mean value 71,31 %, with category average and in cycle II the act skills of students increased to the criteria very high in the mean value 82,14 %. (3) Social Studies Students learning outcomes, increased in cycle I by 60%, and increased in cycle II to 85%. The results of students' learning completeness classically from cycle I and cycle II by 25%.