DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Matakuliah Sepakbola Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang.

Byan Candra Gloria Estefan

Abstrak


ABSTRAK

 

Estefan, Byan Candra Gloria. 2017. Pengembangan Pembelajaran Matakuliah Sepakbola Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang. Tesis, Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wasis D Dwiyogo, M.Pd. (II) Dr. Supriyadi, M.Kes.

 

Kata Kunci: pembelajaran sepakbola, blended learning

 

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam matakuliah sepakbola bukan hanya kemampuan psikomotor dan afektif saja yang harus dipenuhi  dan dikuasai. Kemampuan kognitif  juga ranah yang penting dalam sebuah pembelajaran. Integrasi teknologi dalam pembelajaran sepakbola  membantu proses dan memberikan motivasi belajar serta dengan pembelajaran berbasis blended learning dapat membantu tenaga pengajar dalam menyampaikan materi sesuai dengan pembelajaran yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produkpembelajaran matakuliah sepakbola berbasis blended learning berupa pembelajaran face to face atau tatap muka, pembelajaran offline dan pembelajaran online.

Penelitian dan pengembangan ini mengunakan model konseptual yang mengacu pada penelitian dan pengembangan menggunakan model rancangan pembelajaran berbasis blended learning.Langkah-langkah rancangan tersebut  sebagai  berikut: (1) analisis kebutuhan pemecahan masalah, (2) identifikasi sumber belajar dan kendala-kendala dalam mengaplikasikan pembelajaran berbasis blended learning, dan (3) identifikasi karakteristik pebelajar. Tahap rancangan: (4) menetapkan tujuan pembelajaran, (5) memilih, dan (6) menetapkan strategi pembelajaran. Tahap evaluasi: (7) uji coba, (8) revisi, (9) prototipe produk berbasis blended learning.

Hasil validasi ahli media produk pembelajaran didapat rata-rata persentase 91,14, termasuk kategori “sangat layak”, selanjutnya validasi ahli pembelajaran produk dengan persentase 84,54, termasuk kategori “sangat layak” dan hasil validasi materidengan presentase 93,88 termasuk dalam kategori “sangat layak”.Selanjutnya diilanjutkan uji coba kelompok kecil di dapat rata-rata 79,80,langkah terakhir uji coba kelompok besar diperoleh presentase 82,10 dengan kategori “sangat layak”. Dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba produk pembelajaran sepakbola berbasis blended learning memperoleh rata-rata 86,29 “sangat layak” digunakan dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pebelajar.

Produk yang dikembangkan untuk pembelajaran face to face berupa buku dengan ukuran B5 yang terdiri dari materi sejarah, teknik dasar, pola strategi dan taktik, peraturan perwasitan, latihan fisik, latihan mental, sarana dan prasarana. Kemudian produk yang dikembangkan untuk pembelajaran offline berupa gambar, animasi video audio dan teks terkait materi teknik dasar, pola strategi dan taktik, peraturan perwasitan, latihan fisik, yang disajikan mengunakan software adobe flash dan dikemas dalam bentuk DVD. Sedangkan produk yang dikembagkan untuk pembelajaran online berupa portal website mengunkan Edmodo dimana mahasiswa bisa mengunduh, mengerjakan soal dan berhubungan pada ruang maya yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun.

Saran desiminasi produk pembelajara sebagai berikut: Agar pengembangan produk dapat digunakan dalam ruang lingkup yang lebih besar lagi, perlu adanya eksperimen terhadap keefektivitasan dan keterpakaian produk.