DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Tenis Lapangan untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Septian Raibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Raibowo, Septian. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Tenis Lapangan Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Tesis, Jurusan Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes, (II) Dr. Imam Hariadi, M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar,  tenis lapangan, multimedia interaktif.

 

Berdasarkan observasi dan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti terhadap mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Malang diperoleh data bahwa minimnya bahan ajar yang digunakan sebagai perangkat pembelajaran dan keanekaragaman sumber belajar. Proses pembelajaran cenderung menggunakan metode konvensional yang mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton dan tidak menarik. Sehingga, diperlukannya pengembangan bahan ajar tenis lapangan dalam bentuk multimedia interaktif untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber dan media belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya berupa bahan ajar tenis lapangan dalam bentuk multimedia interaktif.

Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee & Owens (2004:3) yang meliputi: (1) analisis kebutuhan (need assessment), (2) melakukan analisis awal dan akhir (front-end analysis),  (3) melakukan desain produk (design), (4) pengembangan produk (development), (5) pelaksanaan (implementation), (6) evaluasi produk (evaluation). Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran angket kuesioner.

Berdasarkan hasil validasi dan uji coba terhadap produk yang dikembangkan dapat dilansir sebagai berikut: (1) validasi ahli media didapatkan persentase 96,08% dengan kriteria sangat valid,(2) validasi ahli materi (praktisi/pelatih) didapatkan persentase 83,95% dengan kriteria sangat valid, (3) validasi ahli pembelajaran didapatkan persentase 95,14% dengan kriteria sangat valid , (4) hasil uji coba kelompok kecil 90,6% dengan kriteria sangat valid, (5) hasil uji coba kelompok besar 94,1% dengan kriteria sangat valid (6) data uji lapangan. Produk yang dikembangkan efektif digunakan dilihat rata-rata pre-test (X1) = 64 ≤ rata-rata post-test (X2) = 80, terjadi perubahan kenaikan skor. Penggunaan produk yang dikembangkan efisien sebagai bahan ajar dibuktikan dengan nilai rasio sebesar 1,5. Produk yang dikembangkan menarik digunakan dengan rata-rata skor sebesar 3,75.

Produk hasil pengembangan yang dilakukan berupa bahan ajar tenis lapangan dalam bentuk multimedia interaktif untuk mahasiswa, yang didalamnya berisi materi-materi terkait tenis lapangan. Pada setiap materi terdapat gambar dan video tutorial sesuai dengan sub materi yang ada, seperti video teknik dasar tenis lapangan, video tutorial pengisian score sheets tenis lapangan dan seterusnya. Produk ini dikemas dengan menggunakan software Adobe Flash, dan disajikan dalam bentuk DVD-RW (Digital Versatile Disc-Readable Writeable).

Saran dalam pengembangan ini terdiri dari pemanfaatan produk dan pengembangan lebih lanjut. Untuk pemanfaatan produk, disarankan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sumber belajar perkuliahan tenis lapangan untuk meningkatkan aktivitas belajar dengan materi yang lebih lengkap dan bervariatif. Untuk pengembangan lebih lanjut, diharapkan subjek penelitian lebih luas dan kualitas dari isi produk lebih ditingkatkan lagi.