DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kecakapan Bertindak dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Paupaga Ngada

Maria Akorlin Wawo Ria

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasil observasi awal pada siswa kelas IV SDI Paupaga Ngada ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran IPS yaitu mengenai rendahnya kecakapan bertindak dan hasil belajar yang ditunjukkan oleh siswa. Ketika proses pengajaran berlangsung ditemukan  permasalahan dalam proses pembelajaran IPS yaitu: (1) guru masih menggunakan model yang bersifat eksposisi yakni model pembelajaran yang berpusat pada guru. (2) dalam penyajian materi pelajaran IPS guru tidak menggunakan metode atau media pembelajaran yang melibatkan siswa. (3) selama proses pembelajaran siswa tidak berani bertanya, menjawab pertanyaan, karena kurangnya percaya diri siswa dalam menuangkan pendapat dan memberi komentar selama kegiatan belajar sehingga anak terlihat pasif dan suasana kelas menjadi tenang. (4) kurangnya sumber buku dan media pembelajaran IPS. Kondisi tersebut memberikan dampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memiliki prosedur yang secara eksplisit memberikan siswa lebih banyak waktu untuk berpikir kritis, menjawab dan saling membantu satu sama lain. Upaya untuk mendukung proses pembelajaran di kelas supaya lebih bervariasi dan menarik untuk siswa agar siswa lebih berani berpendapat, bertanya, menjawab, dan memberi komentar dalam kegiatan pembelajaran didukung dengan media gambar yang membantu selama proses pembelajaran sehingga siswa dan guru merupakan satu kesatuan yang harus bekerja sama untuk membangun interaksi di dalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model Kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar untuk meningkatkan kecakapan bertindak dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDI Paupaga Ngada.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I dilakukan sebanyak 3 pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan sebanyak 3 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Paupaga Ngada, dengan subyek penelitian 20 siswa kelas IV tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi yang sudah divalidasi.

Hasil penelitian, penerapan model Kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar, usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan bertindak dan hasil belajar siswa yaitu: (1) think, memberi kesemparan kepada semua siswa untuk berpikir kritis secara individu dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan mengamati media gambar yang ditampilkan LCD dan LKS; (2) pair, mendiskusikan hasil kerjanya masing-masing siswa dengan kelompoknya (berpasangan); (3) share, memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi pasangan kelompoknya dan mau menerima masukan atau saran dari pasangan kelompok lain. Analisis data membuktikan adanya peningkatan kecakapan bertindak dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran di setiap siklus.

Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar untuk meningkatkan kecakapan bertindak dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDI Paupaga Ngada, terlaksana dengan sangat baik; (2) kecakapan bertindak siswa yang ditunjukkan oleh hasil observasi pada siklus siklus I mencapai rata-rata 71,31%, dengan kriteria sedang dan pada siklus II kecakapan bertindak siswa meningkat menjadi kriteria sangat tinggi dengan nilai rata-rata 82,14%; (3) hasil belajar IPS siswa, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 60%, dan meningkat pada siklus II menjadi 85%. Hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari siklus I dan siklus II sebesar 25%.