DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Komparasi Hasil Belajar Dan Sikap Sosial Pada Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Video Dengan Pembelajaran Konvensional Di SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang

Adam Bolnifu benu

Abstrak


ABSTRAK

 

Benu, Adam Bolnifu. 2017. Komparasi Hasil Belajar Dan Sikap Sosial Pada Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Video Dengan Pembelajaran Konvensional Di SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ruminiati, M.Si, (II) Prof. Dr. MH. Zainudin M.Pd.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Think Pair Share, Video, Pembelajaran Konvensional, Sikap Sosial dan Hasil Belajar.

 

Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran di Sekolah Dasar. TPS terdiri dari tiga fase yaitu 1) berpikir; 2) pasangan; dan 3) berbagi. Model pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pada sekolah lokasi penelitian. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku berupa pengetahuan dan keterampilan sebagai pengalaman individu berinteraksi dengan lingkungan. Sikap sosial merupakan keadaan internal siswa untuk merspon positif atau negatif terhadap objek sosial.

Penelitian komparatif ini menggunakan  rancagan  preetest-posttest control group design. Subjek penelitian yakni seluruh siswa kelas V SD Inpres Oepura 2 Kota Kupang, terdiri dari dua kelas paralel sebanyak 52 siswa. Sampel Kelas TPS dan konvensional ditentukan dengan Randome-Sampling. Data hasil belajar diperoleh menggunakan tes, data sikap sosial diperoleh menggunakan skala sikap. Data dianalisis dengan Uji Indeprudent-t-test pada taraf signifikansi 5%. Penelitian bertujuan: (1) Menguji perbedaan hasil hasil belajar siswa pada penggunaan model TPS berbantuan video dan model konvensional, dan (2) Menguji perbedaan sikap sosial siswa penggunaan model TPS berbantuan video danpembelajaran konvensional.

Hasil analisis menunjukan: 1) Nilai probabilitas (p) hasil belajar = 0.01 < Sig-α = 0.05; 2) Nilai probabilitas (p) sikap sosial = 0. 048 < sig–α 0.05. 3) Gian score Hasil belajar siswa kelas TPS lebih besar 5.59 (24.73%) dari gian score hasil belajar siswa kelas konvensional. Sikap sosial siswa kelas TPS lebih besar 26.90% dari sikap sosial siswa kelas konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelompok model TPS dan model konvensional, 2) Terdapat perbedaan sikap sosial siswa pada kelompok model TPS dan model konvensional. 3) Model pembelajaran TPS lebih unggul atas model konvesional dalam mengembangkan hasil belajar kognitif dan sikap sosial positif siswa.