DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Situs Hindu-Buddha di Pasuruan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bangil

Nuri Izzatillah

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Izzatillah, Nuri. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Situs Hindu-Buddha di Pasuruan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN 1 Bangil. Tesis. Jurusan Pendidikan Sejarah. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ari Sapto, M.Hum. (2) Dr. Blasius Suprapta, M.Hum

 

Kata Kunci: multimedia interaktif, situs Hindu-Buddha, motivasi, hasil belajar

 

            Pembelajaran sejarah dengan tema Hindu-Buddha sering terjadi kendala karena bersifat abstrak dan guru kesulitan dalam menggunakan metode kunjungsitus. sehingga penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan sebuah produk yang memenuhi kriteria kelayakan produk media pembelajaran yaitu valid, efektif, praktis, dan menarik, dan 2) melihat keefektifan multimedia interaktif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah di SMAN 1 Bangil.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4D (four D Model) yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan. Dalam hal ini peneliti adalah pengembang bahan ajar sedangkan subjek uji coba adalah guru kelas dan siswa kelas X SMAN 1 Bangil. Data penelitian ini adalah hasil angket dan hasil tes kognitif yang dilakukan selama penelitian di lapangan dan juga selama penelitian eksperimen.

            Hasil validasi menunjukkan: 1) validasi ahli media mendapatkan skor 66% yang menunjukkan kriteria ‘Cukup Valid’, 2) validasi ahli materi mendapatkan skor 91,7% yang menunjukkan kriteria “Valid”, 3) hasil uji coba terbatas mendapatkan skor rerata kepraktisan 93% dengan kriteria ‘sangat praktis’ dan skor kemenarikan 91% dengan kriteria “sangat menarik”, 4) hasil uji coba lapangan mendapatkan skor rerata kepraktisan 94,1% yang menunjukkan kriteria ‘sangat praktis’ dan skor rerata kemenarikan 93,05% yang menunjukkan kriteria ‘sangat menarik”. Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji kelayakan tersebut multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dikelas. Dengan landasan tersebut, penerapan pembelajaran dilakukan di SMAN 1 Bangil untuk meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan 1) hasil motivasi siswa meningkat 23,5%, dan 2) hasil belajar siswa juga meningkat sebanyak 20,82 dengan skor akhir siswa rata-rata 86,1 yang menunjukkan bahwa siswa memiliki nilai hasil belajar sejarah yang ‘Sangat memuaskan’.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif situs Hindu-Buddha ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pilihan untuk mengatasi kendala yang dialami oleh guru karena bersifat praktis sekaligus dapat membangkitkan motivasi dan hasil belajar siswa. Selain itu fasilitas teknologi yang tersedia di sekolah juga dapat termanfaatkan dengan baik. Namun multimedia interaktif ini juga memiliki kekurangan yaitu animasi yang terdapat di dalamnya masih menggunakan gambar 2 dimensi, sehingga pada pengembang selanjutnya diharapkan sudah menggunakan gambar 3 dimensi agar dapat menghasilkan gambar yang lebih baik. Kekurangan lainnya adalah keterbatasan objek penelitian, sehingga diharapkan selanjutnya dapat menganalisis peninggalan sejarah pada objek yang lain sesuai dengan karakter sejarah lokal yang dibutuhkan siswa, tidak harus objek peninggalan Hindu-Buddha, baik museum maupun peninggalan kolonial dapat digunakan sebagai bahan ajar, sehingga kita dapat melestarikan sekaligus mengangkat nilai-nilai karakteristik sejarah lokal yang terdapat di lingkungan sekitar kita.