DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Melalui Media Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII Di SMP Negeri Kota Kediri

denny pradana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradana, Denny. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Melalui Media Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII Di SMP Negeri Kota Kediri”. Tesis, Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sapto Adi, M.Kes, (II) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata kunci: penelitian pengembangan, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, multimedia interaktif, pembelalajaran

Pembelajaranpendidikanjasmaniituharusmencakuptujuandalam domain psikomotorik, domain kognitif, dantakkalahlagipentingnya domain afektif. Oleh karena banyak aspek yang harus dikuasai, dibutuhkan sebuah penunjang untuk mempelajarinya. Dari analisis kebutuhan, dapat maka dibuthkan sebuah produk bahan ajar multimedia interaktif yang digunakan di SMP kelas VIII di kota Kediri.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah produk yaitu pengembangan bahan ajar melalui media interaktif mata pelajaran pendidikan jasmani, Olahraga dan kesehatan di SMP.

Metode yang digunakan adalah model Lee dan Owens yaitu langkah-langkah dalam memecahkan sesuatu permasalahan penelitian yang nantinya dalam pemecahan masalah tersebut menghasilkan sebuah produk.Dalam kasus peneltian ini, penelitian mengembangkan sebuah produk berupa pengembangan bahan ajar dalam bentuk multimedia interaktif untuk siswa kelas VIII SMP.Tentunya, dalam membuat suatu produk penelitian sebelumditerjunkan dilapangan, agar produk tersebut layak untuk digunakan harus divalidasi dan dievaluasi oleh ahli yang kompeten di bidangnya.Setelah tervalidasi, produk pengembangan bisa diujikan dalam skala kelompok kecil atau besar untuk mengetahui kekurangan dankelebihan produk yang dihasilkan.

Hasil dari penelitian ini adalah produk bahan ajar multimedia interaktif. Spesifikasi produk yaitu berbentuk mutimedia interaktif dalam bentuk compact disc (CD), yang dilengkapi dengan materi, kuis, dan juga contoh video.Adapaun materinya antara lain 1) permainan bola besar, 2) permainan bola kecil, 3) atletik, 4) bela diri, 5) kebugaran jasmani, 6) senam lantai, 7) aktivitas gerak berirama, 8) aktivitas air, 9) napza, 10) pola hidup sehat, 11) pendidikan seks bebas, dan 12) manfaat aktivitas fisik. Setelah itu dilakukan uji coba kelompok besar berjumlah 30 subjek uji coba dihimpun menggunakan angket terdiri 10 item pernyataan dijumlahkan skor dari masing-masing subjek uji coba untuk setiap item pernyataan didapat skor total 956 dari skor maksimal 1200. Jika dirata-rata hasil rekapitulasi uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 79,67%.

 

Dari hasil uji coba produk yang dilakukan didapat hasil sebesar 79,67% sehingga produk dinyatakan valid. Produk tersebut dapat digunakan untuk kelas VIII SMP Negeri di kota Kediri. Diharapkan produk tersebut dapat digunakan oleh guru maupun siswa untuk menunjang dan sebagai referensi dalam proses belajar mengajar.