DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Buku Teks Kelas IV SD Muatan Bahasa Indonesia dan Matematika Semester 1 Kurikulum 2013

Miftahul Jannah

Abstrak


ABSTRAK

 

Jannah, Miftahul. 2017. Analisis Buku Teks Kelas IV SD Muatan Bahasa Indonesia dan Matematika Semester 1 Kurikulum 2013. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A., (2) Dr. Muhana Gipayana, M.Pd.

 

 Kata-kata Kunci: Kurikulum 2013, buku teks, pendekatan saintifik, asesmen autentik, keterbacaan teks, pertanyaan pemahaman bacaan, dimensi proses kognitif

 

Berdasarkan kajian awal yang dilakukan pada buku guru dan buku siswa tema 1 dan 2 kelas IV, ditemukan ketidaksesuaian meliputi aspek keterbacaan teks bacaan yang kurang sesuai dengan siswa kelas IV, pertanyaan pemahaman bacaan yang berada pada level rendah menurut acuan PIRLS, ketidaksesuaian materi dengan kompetensi dasar, ketidakakuratan materi pada muatan Matematika, langkah pembelajaran belum meliputi kelima langkah, ketidaksesuaian indikator tugas dengan instrumen penilaian, dominasi dimensi proses kognitif tingkat rendah pada rumusan tujuan pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut maka penelitian ini berfokus untuk menganalisis (1) keterbacaan teks pada muatan, (2) pertanyaan pemahaman bacaan berdasarkan PIRLS, (3) kesesuaian materi pada dengan Kurikulum 2013, (4) kebenaran isi pada, (5) kesesuaian pendekatan saintifik pada, (6) kesesuaian asesmen autentik pada,dan (7) dimensi proses kognitif dalam tujuan pembelajaran pada muatan Bahasa Indonesia dan Matematika.

Penelitian ini menggunakan rancangan analisis isi guna menarik kesimpulan melalui usaha menemukan pesan dalam buku guru dan buku siswa kelas IV muatan Bahasa Indonesia dan Matematika semester 1 Kurikulum 2013 Penelitian ini menggunakan instrumen utama yaitu peneliti sendiri dibantu dengan instrumen sekunder yaitu pedoman analisis. Data penelitian ini sesuai dengan fokus penelitian. Sumber data penelitian ini yaitu buku guru dan buku siswa kelas IV semester 1 (tema 1—5) Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 terbitan kemdikbud. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data menurut Miles, dkk. yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 100% teks bacaan tidak sesuai dengan siswa kelas IV berdasarkan penghitungan dengan formula SMOG. Pertanyaan pemahaman didominasi oleh pertanyaan pemahaman level sedang (intermediate) yaitu sebanyak 51%. Sebagian kecil materi dalam muatan Bahasa Indonesia dan Matematika belum sesuai dengan Kurikulum 2013. Sebagian kecil materi pada muatan Matematika dalam buku siswa kelas IV semester 1 tidak akurat. Sebagian besar kegiatan pembelajaran yang termuat dalam buku guru dan buku siswa kelas IV tidak memenuhi seluruh atau lima langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Sebagian kecil aspek asesmen autentik berada pada kategori tidak sesuai. Dimensi proses kognitif yang terdapat pada kata kerja operasional sebagian kecil berada pada dimensi proses tingkat tinggi yaitu C4, C5 dan C6 untuk muatan Bahasa Indonesia, C4 dan C6 untuk muatan Matematika.