DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Bola Basket Berbasis Blended Learning

Hendra Ramadhona

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemanfaatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Realitanya dalam proses pembelajaran yang dilakukan tidak dilengkapi dengan bahan ajar, mahasiswa hanya dijelaskan secara lisan tanpa ada media yang digunakan sebagai pendukung pembelajaran. Sehingga pengembangan media pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learningmemanfaatkan media untuk menemukan solusi agar mahasiswa dapat memahami materi perkuliahan dalam kondisi keterbatasan waktu karena pembagian jadwal perkuliahan praktik dan teori di kelas dan dapat dipelajari kapan saja dan dimana saja.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learning (tatap muka, offline, dan online).

Metode yang digunakan dalam penelitianpengembanganinimenggunakan Model RancanganPembelajaranBerbasisBlended Learningyaitu: (1) analisiskebutuhanpemecahanmasalah, (2) identifikasisumberbelajardankendala-kendaladalammengaplikasikanpembelajaranberbasisblended learning, dan (3) identifikasikarakteristikpebelajar, (4) menetapkantujuanpembelajaran, (5) memilihdan (6) menetapkanstrategipembelajaran,(7) ujicoba, (8) revisi, (9) prototipepembelajaranberbasisblended learning. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan melibatkan subjek uji coba 40 mahasiswa Universitas Mulawarman Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, dan 3 orang ahli dalam bidang materi bola basket, pembelajaran, dan media.

Hasildaripenelitianpengembanganiniadalahproduk media pembelajaran mata kuliah berbasisblended learning, untukproduktatapmukaberupa media cetak buku teks, produk offline berupa multimedia interaktif, dan media online berupa edmodo. Hasil dari ahli media didapatkan rata-rata persentase 94,38%, dari ahli pembelajaran didapatkan rata-rata 91,07%, dan dari ahli materi bola basket didapatkan rata-rata 87,5%. Hasil dari uji coba perorangan didapatkan rata-rata 86,57%, dari uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata 82,36%, dan dari uji coba kelompok besar didapatkan rata-rata 83,47%, secara keseluruhan uji kelompok dinyatakan sangat valid.

Jadi kesimpulan dari penelitian pengembangan ini, dinyatakan bahwa produk pengembangan media pembelajaran mata kuliah bola basket berbasis blended learning layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.