DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbasis Strategi Mind Map Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa

Yuliana Kristanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Berpikir kreatif diperlukan untuk membangun pemahaman dan pengetahuan mahasiswa secara mandiri. Indikator berpikir kreatif meliputi berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir original, dan merinci. Mahasiswa seharusnya menggunakan kemampuan berpikirnya dalam memahami materi yang diberikan di perkuliahan. Hal ini menjadi sangat penting karena dapat membiasakan mahasiswa untuk berpikir secara divergen dan mengaplikasikan materi kedalam kehidupannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Solving berbasis strategi Mind Map terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan geografi angkatan 2016, dengan Offering K sebagai kelas eksperimen dan Offering L sebagai kelas kontrol. Masing-masing offering berjumlah 35 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest sebanyak 7 butir soal esai. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji T tidak berpasangan (Independent sample t-test).

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi 0,038 < 0,05 dan rata-rata gain score kelas eksperimen yang lebih tinggi (14,23) dan kelas kontrol (10,74). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Solving berbasis strategi Mind Map berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.

Saran dari penelitian ini diantaranya adalah pembelajaran geografi hendaknya menggunakan pembelajaran Problem Solving berbasis strategi Mind Map sebagai salah satu alternatif model dalam pembelajaran karena dapat melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Dalam penerapannya perlu memperhatikan pembagian waktu karena penerapan model ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dan membutuhkan pengelolaan kelas yang baik untuk mengantisipasi mahasiswa yang pasif dalam pembelajaran agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.gan sebaik-baiknya.