DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

hubungan keterlibatan orang tua, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas v sekolah dasar islam sabilai muhtadin banjarmasin

zul paris

Abstrak


ABSTRAK

 

ZulParis.2017  Hubungan Keterlibatan Orang Tua, Motivasi Belajar Dan Prestasi BelajarSiswaKelas V Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing:(I) Prof Dr. Sugeng Utaya. M. Si. (II) Prof. Dr Punaji Setyosari. M Ed.

 

Kata Kunci: Keterlibatan Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

 

Keberhasilan anak dalam pendidikan tidak lepas dari keterliabatan orang tua dan motivasi belajar jadi peran orang tua sangatlah penting dalam pendidikan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:(1) hubungan keterlibatan orang tua dangan prestasi belajar, (2) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar,(3) hubungan keterlibatan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar.

Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin yang berjumlah 150 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa.Teknis analisis mengunakan regresi linier berganda. Pengumpulan data variabel keterlibatan orang tua dan variabel motivasi belajar mengunakan kuensioner, sedangkan variabel prestasi belajar mengunakan dokumentasi dari hasil UAS siswa Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukan hubungan keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar adalah 0,046 >0,05dannilai t hitung 2,085> 2,040 sehingga ada korelasi keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar, adanya keterlibatan orang tua maka semakin tinggi prestasi belajarnya. Sedangkan motivasi belajar dengan prestasi belajar adalah 0,0002040. Semakin tinggi motivasi belajarnya maka akan semakin tinggi prestasi belajarnya hal ini di sebabkan adanya motivasi belajar. Hubungan keterlibatan orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sebanyak 67,9% hal ini di sebabkan Karena adanya keterlibatan orang tua dan motivasi belajar akan mempengaruhi prestasi belajar, setelahadanyaketerlibatan orang tuadanmotivasibelajarnilai yang asalnya masih standar menjadi lebih inggi hal ini di sebabkan karena adanya peran orang tua dan motivasi yang selalu di berikan orang tua kepada anak.