DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin

Heni Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizqi, Martha. 2017. Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1). Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (2). Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran somatis auditori visual dan intelektual, aktivitas, hasil belajar, pembelajaran IPA

 

Berdasarkan hasil pengamatan dalam pembelajaran IPA di Kelas V SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin terlihat bahwa hasil belajarnya rendah. Sebagian besar siswa terlihat pasif, kurang cermat, dan kurang antusias. Pembicaraan banyak didominasi oleh siswa tertentu. Permasalahan mengenai kurangnya aktivitassiswa, menjadi permasalahan saat proses pembelajaran danberdampak rendahnya hasil belajar siswa yang dikatakan belum berhasil apabila secara klasikal belum mencapai angka keberhasilan 80%.Oleh sebab itu, perlu adanya upaya guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan melibatkan aktivitas siswa secara maksimal, karena keefektifan pembelajaran tergantung pada kemampuan pembelajaran mendukung terjadinya proses belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pembelajaran SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V materi Tumbuhan Hijau di SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 30 orang dan terbagi menjadi dua siklus. Data penelitian adalah hasil observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Observasi dilaksanakan di kelas saat pelaksanaan pembelajaran menggunakan pedoman observasi. Tes dilaksanakan tertulis dan hasilnya diolah untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa pada akhir tindakan siklus Ibelum mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan meskipun ada peningkatan dari sebelum diadakan tindakan yang hanya 16 siswa dari 30 orang siswa atau secara klasikal 53,33% dengan rata–rata kelas 66,00 menjadi 18 orang siswa atau 60,00% secara klasikal dengan rata–rata kelas 73,33. Sedangkan pada akhir tindakansiklus IImengalami peningkatan dengan ketuntasan individu sebanyak 24 orang atau 80,00% dengan rata-rata 77,33.2) aktivitas belajar siswa pada akhir tindakan siklus I telah mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan sebesar 75% karena prosentasi siswa dalam kategori aktif dan sangat aktif sebesar83,33% sedangkan sisanya sebesar 16,67% masih dalam kategori cukup dan kurang aktif. Selanjutnya pada akhir tindakan siklus II prosentasi siswa dalam kategori aktif dan sangat aktif menjadi sebanyak 93,33% dan kategori cukup aktif hanya sebesar 6,67% dan dalam kategori kurang aktif sebesar 0,00%.

Saran yang bisa diberikan dari hasil penelitian ini bagi guru adalah agar bisa menjadikan pembelajaran SAVI sebagai salah satu pembelajaran alternatif  yang layak dipertimbangkan karena mampumeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan memperhatikan persiapan sarana dan prasarana yang diperlukan dengan sebaik-baiknya.