DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Kreatif dalam Prakarya dan Kewirausahaan

Yuliati Sengkoen

Abstrak


ABSTRAK

 

Sengkoen, Yuliati. 2017. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Kreatif dalam Prakarya dan Kewirausahaan. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed., (II) Dr. Sunaryanto, M.Ed

 

Kata Kunci : Pembelajaran Ekonomi Kreatif, Prakarya dan Kewirausahaan

 

Penerapan konsep ekonomi kreatif telah diantisipasi oleh Pemerintah dengan memfokuskan pada penciptaan barang dan jasa dengan mengandalkan keahlian, bakat dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual. Diharapkan dengan menerapkan ekonomi kreatif maka akan menciptakan insan yang kreatif dan mampu menciptakan barang dan jasa yang baru atau menjadi wirausahawan yang mandiri dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan berupaya dalam meningkatkan jumlah dan perbaikan kualitas lembaga pendidikan yang mendukung penciptaan insan kreatif. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan pembelajaran Ekonomi Kreatif dalam Prakarya dan Kewirausahaan pada jenjang Sekolah Menengah Atas.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu pertama, untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ekonomi kreatif yang valid dan efektif dengan tujuan untuk memudahkan guru dan peserta didik sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Kedua, mendeskripsikan kelayakan pembelajaran “Ekonomi Kreatif dalam Prakarya dan Kewirausahaan” pada siswa SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, buku panduan guru, dan lembar kerja siswa. Pengembangan ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) dengan 6 fase pengembangan, diantaranya : 1) identifikasi masalah; 2) merumuskan produk; 3) desain dan pengembangan produk; 4) uji coba produk; 5) evaluasi kelayakan produk; dan 6) komunikasi hasil uji coba produk pengembangan.

Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut berada pada kriteria diantara 80% - 100% dengan tingkat kevalidan “sangat valid”, yang artinya dapat digunakan tanpa revisi dengan kriteria sangat baik/sangat layak. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada siswa kelas XI IS 4 (uji coba perorangan, kelompok kecil, dan uji coba lapangan) dengan hasil 91,65 yang artinya produk yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan. Kemudian didukung dengan hasil post test siswa dengan rata-rata 86,35.

Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti, selanjutnya peneliti mengungkapkan beberapa saran yaitu : (1) pengembangan lebih lanjut perlu dikembangkan untuk seluruh aspek yang terkandung di dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, (2) pengembangan produk pembelajaran ekonomi kreatif dalam PKWU ini hanya menggunakan pendekatan kontekstual dengan model experiential learning, oleh karena itu, perlu menggunakan model dan strategi lain dalam penelitian selanjutnya, (3) pengembangan selanjutnya juga diperlukan menggunakan media elektronik yang lebih kreatif dan inovatif.

 

ABSTRACT

 

Sengkoen, Yuliati. 2017. TheDevelopment of Creative Economy Learning in Workshops and Entrepreneurship. Thesis. Department of Economic Education, Post Graduate State University of Malang.

 

Supervisor : (I) Dr. Mit Witjaksono, MS. Ed., (II) Dr. Sunaryanto, M. Ed.

 

Keywords : Creative Economy Learning, Workshop and Entrepreneurship

 

The application of the creative economy concept has been anticipated by the Govemment which focusing on the creation of goods and services by relying on expertise, talent and creativity as an intellectual property. It is hoped that by applying creative economy it will create creative people and able to create new goods and services or become independent entrepreneurs and able to create new jobs. Otherwise, the government through the Ministry of Education seeks in increasing the number and quality improvement of educational institutions that support the creation of creative people. One of them is by developing the learning of Creative Economy in the Workshop and Entrepreneurship at High School level.

The purpose of this development research are, first to produce a creative and effective economic learning tools to facilitate teachers and learners so that the learning process is more interesting and meaningful. Second, to describe the wotrhiness of the “Creative Economy in Workshop adn Enterpreunership” for Senior High School students. The learning set consists of syllabus, lesson plan, teacher guide books, and student work sheet. The development research uses Design Based Research (DBR) with 6 development phases are : 1) problem identification; 2) formulate the product; 3) design and the development of product; 4) product trials; 5) product feasiblity evaluation; and 6) communication product development trial results.

Based on the results of validation of learning material expert, media expert, and  practicioner show that the develop learning device is between 80%-100% with the validity level “valid”, which means the learning set can be used without revisions in very good criteria. The learning set tested to XI IS 4 students (individual, small group, and field trial) and the result is 91,65 which indicates that the learning set is worthy to be aplied. The supported by post test result of students itd average is 86,35.

Based on the result of development done by the researchers, then the researchers give some suggestion are: (1) further development should be developed for all aspects contained in the workshop and entrepreneurial subjects, (2) the development of creative economy learning products in the workshop and entrepreneurship is only using a contextual approach with experiential learning model. Therefore, it is necessary to use other models and strategies in subsequent research, (3) further development is also required using more creative and innovative electronic media.