DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi

Sularmi Sularmi Sularmi, Sularmi Sularmi Sularmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Sularmi, 2017. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Pada Mata Pelajaran Geografi. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si. (II) Dr. I Nyoman Ruja, S.U.

 

Kata Kunci: Pengaruh Project Based Learning, Berpikir Kritis, Mata Pelajaran Geografi

 

Penelitian ini adalah termasuk penelitian kuantitatif yang dirancang menggunakan penelitian eksperimen (quasi experiment with only posttest design) dengan dua kelompok subyek penelitian yang memiliki kemampuan sama (homogen). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dengan jumlah 27 orang  sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 dengan jumlah 27 orang  sebagai kelas kontrol. Data yang diambil meliputi proses dan hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diberi perlakuan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriftif dan statistik inferensial parametrik.

Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Model project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis geografi peserta didik. Data nilai posttest diperoleh rata-rata kelas ekperimen sebesar 79.7 dengan standar deviasi sebesar 5.78 setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model project based learning. Rata-rata hasil posttest pada kelas kontrol sebesar 74.5 dengan standar deviasi sebesar 7.58. Dari rata-rata nilai posttest terlihat bahwa kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 2. 824 pada taraf signifikansi 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Model project based learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi materi potensi dan pengelolaan sumberdaya kelautan Indonesia di kelas XI IPS SMAN 1 Pulau Laut Timur Kotabaru Semester Ganjil Tahun 2017/2018.

Bertolak dari hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan penggunaan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran geografi karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berkolaborasi, dan kreativitas peserta didik. Peneliti juga memberikan saran kepada peneliti lain yang akan menggunakan model project based learning agar memilih topik dan materi yang dapat diproyekkan dalam waktu yang tidak lama, guru harus lebih sering memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam hal menejemen waktu pelaksanaan proyek, dan guru perlu melakukan monitoring yang intensif.