DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru SMA KAtolik Yayasan Sancta Maria Karmel Malang

Severinus Nuwa

Abstrak


ABSTRAK

 

Kinerja guru menjadi kunci utama keberhasilan sekolah. Kinerja guru juga sangat berpengaruh terhadap seluruh kelangsungan proses pembelajaran di kelas yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas prestasi sekolah. Keterampilan manajerial yang diterapkan kepala sekolah dan iklim organisasi yang diciptakan adalah dua hal yang sangat mendukung keberhasilan kinerja guru. Peran kepala sekolah selaku manajer berusaha untuk menciptakan dan menerapkan model-model keterampilan manajerial dalam memimpin lembaga pendidikan. Selain keterampilan manajerial yang matang, kepala sekolah juga selalu berusaha untuk memberikan dorongan dan motivasi positif kepada para guru berkaitan dengan iklim organisasi. Ketika iklim organisasi dalam lembaga pendidikan dirasakan sangat baik, maka segala cita-cita dan keinginan yang diharapkan sekolah/lembaga dapat tercapai. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan antarvariabel yang diteliti.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: keterampilan manajerial kepala sekolah, iklim organisasi,kinerja guru, hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru,hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan iklim organisasi, hubungan iklim organisasi dengan kinerja guru, hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi yang secara simultan dan signifikan terhadap kinerja guru. Semua hal yang akan dijelaskan berkaitan dengan kondisi yang ada diSMA Katolik Yayasan Sancta Maria Karmel Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para guru dan kepala sekolah berjumlah 164 orang dengan jumlah sampel sebanyak 144 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket tertutup dengan pengukuran menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh hasil penelitian; (1) keterampilan manajerial kepala sekolah dalam kategori sangat baik. (2) Iklim organisasi berada dalam kategori sangat kondusif. (3) Kinerja guru berada dalam kategori sangat baik.(4) Terdapat hubungan yang signifikanantara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru. (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru. (6) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan iklim organisasi. (7) Terdapat hubungan yang signifikan dan simultan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru.

Terkait dengan hasil temuan dalam penelitian, maka penulis memberikan saran kepada: (1) Pengurus Yayasan Sancta Maria Karmel Malang agar;mempertahankan proses rekrutmen terhadap tenaga guru yang akan dipercayakan menjadi kepala sekolah dan juga tenaga guru yang akan mengabdikan diri pada SMA Yayasan Sancta Maria Karmel Malang adalah tenaga guru yang benar-benar mampu menerapkan prinsip-prinsip dan tugas-tugas keguruan dan kekepalasekolahan. (2) Kepala sekolah SMA Katolik Yayasan Sancta Maria Karmel Malang agar; hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan keterampilan-keterampilan manajerial, pengambilan keputusan mengenai pembinaan guru sebagai upaya peningkatan kinerja diharapkan dapat dilakukan sebaik mungkin, menjaga dan mempertahankan iklim sekolah yang kondusif. (3) Guru SMA Katolik Yayasan Sancta Maria Karmel Malang agar; berusaha mempertahankan kinerja yang sudah sangat baik, mempertahankan iklim organisasi yang kondusif, mempertahankan jalinan keakraban antara satu dengan yang lainnya dan berusaha meningkatkan kinerja masing-masing, kerja sama antara satu dengan yang lainnya, berusaha untuk menerima dan mencerna konsep keterampilan manajerial kepala sekolah dengan baik. (4) Bagi peneliti lain agar; apabila mengadakan penelitian tentang keterampilan manajerial kepala sekolah SMA Yayasan Sancta Maria Karmel Malang dapat dilakukan melalui wawancara mendalam atau melakukan test keterampilan kepala sekolah secara tertulis, keterampilan manajerial dan iklim organisasi dapat dijadikan bahan pembanding dalam penelitian selanjutnya,  aspek kinerja guru juga dapat membantu wawasan peneliti untuk membuat sebuah kajian yang komprehensip berkaitan dengan segala tugas keguruan di sekolah,  apabila penelitian selanjutnya dilakukan pada lembaga yang sama peneliti dapat menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif atau research and development.