DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Memanfaatkan Potensi Alam Danau Asmara Kabupaten Flores Timur untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Sikap ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa SMP

Hildegardis Ose Mudamakin

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajajaran IPA pada Kurikulum 2013 menekankan pada proses, pembelajaran terpadu dan kontekstual. Bahan ajar yangsesuai kurikulum merupakan salah satu penentu kualitas dan keberhasilan pembelajaran di kelas.Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan Bahan Ajar IPA Terpadu berbasis potensi lokal yang layak digunakan di kelas VII SMP Satu Atap Riangpuho; (2) Menguji efektifitas bahan ajar IPA Terpadu berbasis Potensi lokal Danau Asmara untuk meningkatkan keterampilan Proses sains, sikap ilmiah  dan penguasaan konsep siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Riangpuho.

Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model 4D, dengan tahapan yang dilaksanakan terdiri atas tahapan define, design, develop. Produk yang dikembangkan berupa buku ajar siswa dan guru. Produk awal yang telah divalidasi, diuji keterbacaannya dan direvisi berdasarkan masukan, saran yang diberikan Validator dan siswa dalam kelompok kecil. Produk yang telah direvisi diuji efektivitasnya pada siswa SMP Negeri Satu Atap Riangpuho yang terdiri atas 24 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol dengan rancangan penelitian posttest only control group design.

Hasil validasi ahli materi pembelajaran dan praktisi terhadap produk menunjukkan rata-rata persentase tingkat kelayakan setiap aspek pada buku guru sebesar 90,9% dan buku siswa 87,4%. Hasil uji keterbacaan pada kelompok kecil menunjukkan 96,7%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa buku ajar valid dan sangat layak digunakan. Uji efektifitas terhadap penggunaan buku ajar IPA Terpadu berbasis potensi lokal dengan tema Danau Asmara dan kehidupannya, menunjukkan bahwa hasil keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan penguasaan konsep lebih baik dibandingkan kelas yang tidak menggunakan buku tersebut. Hasil analisis statistik uji Mann-Whitney terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah serta hasil analisis uji t independen terhadap penguasaan konsep siswa menunjukkan ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelas. Secara keseluruhan, buku ajar yang dikembangkan layak dan efektif dalam meningkatkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan penguasaan konsep siswa.