DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin

Ririn Robayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan model pembelajaran berbasis masalah yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (2) mendeskripsikan model pembelajaran berbasis masalah yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar difokuskan pada lima tahapan meliputi mengarahkan siswa ke masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membantu mengidentifikasi siswa secara berkelompok dan individu, mengembangkan dan menyajikan masalah, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek yang dilibatkan adalah siswa kelas IV SDN Sungai Jingah 4 pada semester ganjil tahun ajaran 2017 / 2018 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti yang dibantu observer melalui instrumen dan perangkat pembelajaran. Data diuraikan dengan sistematis dalam bentuk tabel dan gambar.

Temuan yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah mengalami peningkatan sebesar 90% memperoleh kriteria berpikir tinggi.  Dikarenakan peserta didik dilatih untuk berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan masalah kehidupan sehari-hari sebagai sumber belajar. (2) Hasil belajar siswa juga meningkat sebesar 86,67% memperoleh nilai lebih tinggi dikarenakan pembelajaran berbasis masalah sama-sama memperhatikan pembelajaran yang diajarkan secara individu maupun yang diajarkan secara berkelompok sehingga sangat tepat meningkatkan suatu proses pembelajaran. Saran bagi siswa diharapkan agar lebih memperhatikan pembelajaran dan berani mengemukan pendapatnya. Saran bagi guru diharapkan lebih bisa memfasilitasi siswa khusunya dalam hal mengemukakan pendapat dan perlu memanfaatkan waktu sehingga sesuai dengan yang direncanakan pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Saran bagi kepala sekolah diharapkan memberikan wawasan tentang model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran untuk dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan pada materi lain dan menyusun tes yang sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga bisa lebih meningkatkan lagi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.