DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Peserta didik Kelas XI IPS di SMAN 1 Beruntung Baru Kabupaten Banjar

Ilham Ilham

Abstrak


ABSTRAK

 

Ilham. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Peserta didik Kelas XI IPS di SMAN 1 Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (1) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si. (2) Drs. I Komang Astina, M.S,. Ph.D

 

Kata Kunci: Numbered Head Together, Motivasi, Hasil Belajar

 

Berdasarkan hasil ulangan harian mata pelajaran Geografi bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Beruntung Baru masih rendah. Motivasi belajar peserta didik juga masih rendah karena guru belum terbiasa menggunakan berbagai variasi model pembelajaran. Guru masih banyak menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, sehingga membuat peserta didik tidak termotivasi dalam belajar

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dalam meningkatkan motivasi belajar, (2) mendeskripsikan penerapan NHT  dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan yaitu:“perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Beruntung Baru sebanyak 23 siswa, terdiri atas 12 laki-laki dan 11 perempuan.”Instrumen dalam pengumpulan data meliputi: (1) observasi,”(2) angket, dan (3) tes hasil belajar pada akhir siklus. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar yaitu (1) motivasi belajar siswa berdasarkan observasi guru pada saat pembelajaran pada siklus I mencapai 78% kriteria cukup kemudian mengalami peningkatan pada siklus II hingga mencapai 93% dengan kriteria baik sekali. Motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket yang diisi oleh peserta didik pada siklus I mencapai 84% mengalami peningkatan pada siklus II hingga mencapai 92% dengan kriteria baik sekali dan (2) hasil belajar pada siklus I sebesar 74% dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga mencapai 87% serta sudah mencapai kriteria keberhasilan belajar siswa ≥ 80%. Motivasi dan hasil belajar ini meningkat karena dalam pembelajaran NHT ada kegiatan berpikir bersama dalam kelompok dan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran.

Saran pada penelitian ini yaitu penerapan model NHT bagi pendidik hendaknya dilakukan sesuai sintak dengan pengelolaan kelas yang komunikatif. Selain itu, harus lebih fokus pada kerjasama untuk berpikir bersama dan memperhatikan efektivitas waktu. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan dalam penelitian lain yang berbeda subjek dan objeknya dalam meningkatkan hasil belajar. Bagi kepala sekolah, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan arahan untuk membina guru dalam meningkatkan kemampuan guru dengan membekali berbagai model pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar.