DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Siswa Kelas IV SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

sit hartati

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan yang menjadi kendala di SD Islam Sabilal Muhtadin adalah siswa kesulitan menguasai konsep Matematika khususnya kompetensi dasar bangun datar karena dalam materi ini terdiri dari rumus dan rangkaian materi permasalahn sehari-hari yang mesti dikuasai anak, hal ini dibuktikan dengan kegiatan observasi pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas yang membuktikan bahawa nampak siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, proses pembelajaran juga belum difokuskan untuk pemecahan masalah melalui berbagai solusi dengan didukung suasana yang menyenangkan. Penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan media manipulatif mempermudah siswa menyelesaikan masalah dengan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran matematika khususnya keliling dan luas bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model PBL berbantuan media manipulatif yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menerapkan jenis tindakan kelas dengan rancangan penelitian model siklus yaitu tindakan dilakukan secara berulang dan berkelanjutan untuk memperbaiki ataupun meningkatkan kualitaas suatu pembelajaran. Artinya sebuah proses semakin lama diharapkan semakin meningkat perubahan atau pencapaian hasilnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV D SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin dengan jumlah siswa 31 orang. Data diuraikan dan disajikan dengan  sistematis dengan bentuk yang menarik menggunakan narasi dengan dilengkapi tabel dan gambar. Informasi dari temuan penelitian ini sekaligus juga memudahkan kegiatan menyimpulkan dan merefleksi.

Temuan yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL dapat dilaksanakan dengan kriteria sangat baik pada siswa kelas IV SD Islam Sabilal Muhtadin. Pembelajaran PBL berbantuan media manipulatif juga mampu meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Persentase tuntas belajar klasikal pada Siklus I yaitu 61,29% , skor  tersebut belum dikatakan tuntas karena nilainya masih dibawah indicator minimal ketuntasan belajar klasikal yaitu 80%. Pada Siklus II mencapai 87,09%. Nampak adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal dari Siklus I ke Siklus II sebesar 25,8%.