DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarmasin

Noor Liana Waty

Abstrak


ABSTRAK

 

Waty, Noor Liana. 2017. Penerapan Model Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarmasin, Tesis. Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd., (II) Dr. Singgih Susilo, M. S., M. Si.

 

Kata kunci: blended learning, edmodo, hasil belajar

 

Hasil belajar siswa dipengaruhi proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Siswa yang saat ini telah memiliki fasilitas gadget seperti smartphone membuat sebagian dari mereka mengenyampingkan proses belajar. Siswa menjadi tidak fokus dalam belajar dan banyak tugas yang terabaikan. Kemudahan akses internet kiranya dapat dimanfaatkan secara optimal dalam hal pembelajaran. Kesenangan siswa terhadap gadget dan internet tidak hanya dimanfaatkan sebagai akses media sosial tetapi dapat disalurkan dan terintegrasi dengan baik melalui pembelajaran, termasuk pembelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarmasin dengan  menerapkan model blended learning berbasis edmodo.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam rangkaian siklus yang terdiri atas dua kali pertemuan dalam setiap siklus. Pengambilan data melalui lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan pembelajaran siswa dan guru, sedangkan untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan tes evaluasi hasil belajar pada akhir setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Banjarmasin dengan jumlah 31 siswa.

Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa pada siklus I sebesar 80,84% dan siklus II sebesar 89,17%, terjadi peningkatan sebesar 8,33%. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran guru pada siklus I sebesar 81,65% dan 90,63% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 8,98%. Kriteria penilaian terhadap keterlaksanaan pembelajaran siswa maupun guru sangat baik. Hasil belajar siswa pada tes evaluasi akhir siklus I dan siklus II masing-masing diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 80,65% dan 93,55% atau meningkat 12,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model blended learning berbasis edmodo dapat meningkatkan hasil belajar geografi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarmasin. Peningkatan hasil belajar terjadi karena pembelajaran disajikan secara menarik dan menyenangkan sehingga mampu meningkatkan minat dan kreativitas yang berdampak positif terhadap hasil belajar.

Pembelajaran geografi dengan penerapan model blended learning berbasis edmodo dapat lebih efektif dan hasil belajar meningkat disarankan dengan cara: (1) guru selalu mengikuti perkembangan TIK dan menggali materi pembelajaran melalui internet, (2) guru mengetahui kesiapan siswa terhadap aplikasi yang akan dipakai sebelum menerapkan pembelajaran online dan memperhatikan koneksi internet, dan (3) menerapkan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada sekolah lain dengan jenjang kelas dan materi yang berbeda.