DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan modul caring economic pada anak sekolah dasar

arwini hasyim

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Hasyim, Arwini.2017. Pengembangan Modul Caring Economic pada Anak Sekolah Dasar.Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (1) Dr. H. Mit Witjaksono, M.SE., (2) Dr. H. Agung Hariyono, S.E.M.P.Ak.

Kata Kunci: Modul Caring Economic, Caring Economic.

            Berdasarkan Easterlin Paradox atau Happiness Paradox, Product Domestic Bruto (PDB) tidak menjamin kebahagiaan penduduk suatu negara. Seperti halnya negara Singapura yang menjadi negara maju di ASEAN seiring dengan peningkatan PDB negara, namun berbanding terbalik dengan hasil survei Indeks Kebahagiaan negara tersebut mengalami penurunan rangking.Sehingga dapat dikatakan Product Domestic Bruto (PDB) yang merupakan salah satu ciri dari perekonomian Neoklasik tidak mampu menjadi solusi perekonomian saat ini.

Salah satu solusinya perlu diperkenalkan dengan pendekatan  Caring Economic dalam pembelajaran. Beberapa negara telah membuktikan dengan penerapan nilai- nilai Caring Economic dalam pembelajaran dapat membawa yang baik bagi tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan suatu negara.Kebutuhan penduduk suatu negara tersebut tercukupi akibat kerjasama yang sesuai dengan nilai-nilai Caring Economic.

Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran yang valid, menarik dan praktis. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg and Gall . Adapun langkah-langkah penelitian ini sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft awal produk, (4) Uji validasi ahli, (5) Revisi uji validasi ahli, (6) Uji Coba Terbatas, (7) Penyempurnaan hasil uji coba terbatas, (8) Uji coba lapangan, (9)Penyempurnaan produk akhir. Jenis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari perhitungan hasil angket yang diberikan kepada para ahli, guru maupun siswa. Sedangkan data kualitatif didapatkan  dari tanggapan, masukan, dan saran perbaikan dari para ahli, guru maupun siswa. Media yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi ahli, angket tanggapan siswa, angket tanggapan guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa poduk modul dilihat dari seluruh aspek yang ditentukan adalah layak untuk dipakai. Hasil validasi ahli 82,5%, tingkat kemenarikan siswa yag didapat dari uji coba terbatas adalah 79,17%,tingkat kepraktisan poduk yang diambil dari angket siswa pada uji coba lapangan adalah 83,57%. Semua hasil dari pengumpulan data menetapkan bahwa produk tersebut layak untuk digunakan.

 

 

ABSTRACT

 

 

Hasyim, Arwini.2017. Development of Caring Economic Module in Primary School Children.Thesis. Economic Education Studies Program, Graduate Program of State University of Malang. Counselor; (1) Dr. H. Mit Witjaksono, M.SE., (2) Dr. H. Agung Hariyono, S.E.M.P.Ak.

Keywords: Caring Economic Module, Caring Economic.

               Based on Easterlin Paradox or Happiness Paradox, Gross Domestic Product (GDP) does not guarantee the happiness of a country's population. Just as Singapore is a developed country in ASEAN as the country's GDP increases, it is inversely proportional to the results of the country's Happiness Index survey. So it can be said that Gross Domestic Product (GDP) which is one of the characteristics of the Neoclassical economy can not be a solution to the current economy.

               One solution needs to be introduced to the Caring Economic approach in learning. Some countries have proven that the application of Caring Economic values ​​in learning can bring goodness to the level of happiness and prosperity of a country. The needs of the population of a country is fulfilled due to cooperation in accordance with the values ​​of Caring Economic.

               Related to this study has the goal of producing a product of a valid learning module, interesting and practical. This research uses Borg and Gall research model. The following research steps are: (1) Research and data collection, (2) Planning, (3) Development of initial product draft, (4) Expert validation test, (5) Revision of expert validation test, (6) Limited, (7) Completion of limited trial results, (8) Field trials, (9) Completion of final product. The type of data used in this study is quantitative and qualitative. Quantitative data obtained from the calculation of the questionnaire results given to experts, teachers and students. While qualitative data obtained from feedback, input, and suggestions of improvement from experts, teachers and students. Media used in data collection is an expert validation sheet, student response questionnaire, teacher response questionnaire.

               The results showed that the module poduk seen from all aspects that dert is feasible to use. Expert validation results 82.5%, the student attractiveness yag obtained from a limited trial is 79.17%, the level of practicality poduk taken from the student questionnaire on field trials is 83.57%. All results from data collection specify that the product is eligible for use.