DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan modul caring economic pada anak sekolah dasar

Arwini Hasyim

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasyim, Arwini.2017. Pengembangan Modul Caring Economic pada Anak Sekolah Dasar.Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing; (1) Dr. H. Mit Witjaksono, M.SE., (2) Dr. H. Agung Hariyono, S.E.M.P.Ak.

 

Kata Kunci: Modul Caring Economic, Caring Economic.

Berdasarkan Easterlin Paradox atau Happiness Paradox, Product Domestic Bruto (PDB) tidak menjamin kebahagiaan penduduk suatu negara. Seperti halnya negara Singapura yang menjadi negara maju di ASEAN seiring dengan peningkatan PDB negara, namun berbanding terbalik dengan hasil survei Indeks Kebahagiaan negara tersebut mengalami penurunan rangking.Sehingga dapat dikatakan Product Domestic Bruto (PDB) yang merupakan salah satu ciri dari perekonomian Neoklasik tidak mampu menjadi solusi perekonomian saat ini.

Salah satu solusinya perlu diperkenalkan dengan pendekatan  Caring Economic dalam pembelajaran. Beberapa negara telah membuktikan dengan penerapan nilai- nilai Caring Economic dalam pembelajaran dapat membawa yang baik bagi tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan suatu negara.Kebutuhan penduduk suatu negara tersebut tercukupi akibat kerjasama yang sesuai dengan nilai-nilai Caring Economic.

Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran yang valid, menarik dan praktis. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg and Gall . Adapun langkah-langkah penelitian ini sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft awal produk, (4) Uji validasi ahli, (5) Revisi uji validasi ahli, (6) Uji Coba Terbatas, (7) Penyempurnaan hasil uji coba terbatas, (8) Uji coba lapangan, (9)Penyempurnaan produk akhir. Jenis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari perhitungan hasil angket yang diberikan kepada para ahli, guru maupun siswa. Sedangkan data kualitatif didapatkan  dari tanggapan, masukan, dan saran perbaikan dari para ahli, guru maupun siswa. Media yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi ahli, angket tanggapan siswa, angket tanggapan guru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa poduk modul dilihat dari seluruh aspek yang ditentukan adalah layak untuk dipakai. Hasil validasi ahli 82,5%, tingkat kemenarikan siswa yag didapat dari uji coba terbatas adalah 79,17%,tingkat kepraktisan poduk yang diambil dari angket siswa pada uji coba lapangan adalah 83,57%. Semua hasil dari pengumpulan data menetapkan bahwa produk tersebut layak untuk digunakan.