DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Internalisasi Nilai- nilai Pendidikan Ekonomi Dalam Rumah Tangga Masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara.

Melviana Yunita Naisau

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan ekonomi, pendidikan, sertabudayamerupakantigahal yang berkaitan satu sama lain. Pendidikan adalah fondasi untuk memecahkan permasalahan ekonomi, paling tidak memimalisirnya. Sementara pendidikan kaitannnya dengan budaya, tentunya pendidikan yang baik akan tetap melestarikan budaya yang ada, tidak menggeser bahkan menghilangkan budaya yang telah menjadi ciri khasdari masyarakat yang bersangkutan.Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai- nilai perilaku ekonomi dalam budaya lokal masyarakat, serta implikasi nilai- nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal masyarakat kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan StudiEtnografi. Etnograf ditujukan untuk memaham pandangan atau cara hidup seseorang atau sekelompok orang dari cara pandang pelakunya. Kajian mengenai etnografi dalam penelitian digunakan untuk mengetahui hubungan antaranilai- nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal keluarga masyarakat Timor Tengah Utara.  Yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu masyarakat desa Nimasi, Desa Oenenu, dan Desa Oenenu yang berada di Kecamatan Bikomi Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara. Pengumpulan data dilakukan dengancaraobservasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan nilai- nilai pendidikan ekonomi dalam budaya lokal masyarakat kabupaten Timor Tengah Utara yaitu nilaiReligi, nilai humanis dan nilai gotong royong. Sedangkan implikasi nilai- nilai pendidikan ekonomi dalam budaya masyarakat Timor Tengah Utara yaitu berdampak pada kondisi keluarga, kondisi anak, budaya dan kondisi sosial ekonomi.