DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Prestasi Belajar Bidang Produktif, Motivasi Berprestasi, Status Sosial Ekonomi Orangtua, Kepercayaan DiriTerhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Katolik St. Pius X Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)- NTT

Paula Mediana Oematan

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji pengaruh antar variabel bebas dan variabel terikat yaitu: (1) Pengaruh prestasi belajar bidang produktif terhadap minat berwirausaha siswa. (2) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha siswa. (3) Pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap minat berwirausaha siswa. (4) Pengaruh prestasi belajar bidang produktif terhadap kepercayaan diri. (5) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kepercayaan diri. (6) Pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap kepercayaan diri. (7) Pengaruh kepercayaan diri terhadap minat berwirausaha siswa. (8) Pengaruh prestasi belajar bidang produktif terhadap minat berwirausaha melalui kepercayaan diri (9) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha siswa melalui kepercayaan diri. (10) Pengaruh status sosial ekonomi orangtua terhadap minat berwirausaha melalui kepercayaan diri siswa SMK Katolik St. Pius X Insana.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas XI SMK Katolik St. Pius X Insana yang berjumlah 107 siswa dan tersebar dalam lima kompetensi keahlian atau jurusan. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yang artinya bahwa semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Prestasi belajar bidang produktif berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, (2) Motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, (3) Status sosial ekonomi orangtua berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, (4) Prestasi belajar bidang produktif berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri. (5) Motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri, (6) Status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri, (7) Kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, (8) Prestasi belajar bidang produktif tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa melalui kepercayaan diri,(9) Motivasi berprestasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa melalui kepercayaan diri, (10) Status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa melalui kepercayaan diri.

Melalui mata pelajaran bidang produktif disekolah diharapkan dapat memberikan masukan, arahan dan dorongan agar lebih meningkatkan rasa percaya diri, motivasi berprestasi dan minat berwirausaha siswa, agar apa yang dipelajari dapat diinterpretasikan baik di sekolah, dirumah maupun di masyarakat luas. Dalam meningkatkan prestasi belajar bidang produktif juga, mak perlu adanya pemberian motivasi dan penyediaan sumber- sumber daya dan juga teknologi dalam menunjang mata pelajaran produktif masing-masing jurusan atau kompetensi keahlian. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan berbagai pengembangan penelitian untuk faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha siswa pada sekolah-sekolah kejuruan ain yang berbeda, sehingga hasil penelitiannya dapat digeneralisasikan pada sekolah-sekolah yang lainnya.