DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Internalisasi dan Implementasi Pola Pendidikan Ekonomi Keluarga (Studi pada Keluarga Pengemudi Becak Wisata Kawasan Makam Bung Karno)

Resti Dyah Fitriana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan ekonomi di keluarga sangat penting dilakukan. Kaitannya dengan subjek pada penelitian ini, yakni keluarga pengemudi becak di mana sebagian besar dari kalangan ini memiliki tingkat pendidikan dan kondisi sosial ekonomi yang rendah adalah ditujukan untuk melihat sejauh mana keluarga melakukan pendidikan dan pengajaran tentang nilai-nilai ekonomi. Selain itu, hal pokok yang menjadi permasalahan ini diangkat adalah untuk mengetahui pola pendidikan yang dilakukan keluarga dalam berperilaku ekonomi, baik dalam pengelolaan keuangan, gaya hidup, moralitas ekonomi maupun rasionalitas ekonomi mengingat pendapatan yang diterima jumlahnya tidak menentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) makna pendidikan ekonomi pada keluarga pengemudi becak wisata dan (2) internalisasi dan implementasi pola pendidikan ekonomi yang dilakukan oleh keluarga pengemudi becak wisata.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis jenis fenomenologi dan data dijaring dengan teknik accidental sampling.  Data dalam penelitian ini adalah makna pendidikan ekonomi dan internalisasi nilai-nilai pendidikan ekonomi yang dilakukan di keluarga mengenai pengelolaan keuangan, rasionalitas dan moralitas ekonomi serta gaya hidup. Sumber data pada penelitian ini yaitu orang tua di keluarga pengemudi becak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) makna pendidikan ekonomi bagi pengemudi adalah investasi terbaik yang harus diberikan kepada anak, (2) pendidikan ekonomi yang dilakukan keluarga ditekankan pada pengelolaan keuangan, rasionalitas ekonomi,  moralitas ekonomi dan gaya hidup, (3) para pengemudi becak wisata sudah memiliki mindset bahwa pengelolaan keuangan yang baik akan mendorong adanya perbaikan kehidupan ekonomi mereka mengingat jumlah pendapatan yang diterima jumlahnya tidak menentu, (4) pentingnya membekali anak dengan pengetahuan dan pemahaman ekonomi di lingkungan keluarga akan mendorong anak menjadi pribadi yang lebih dewasa, mandiri dan bertanggung jawab secara finansial (5) penerapan pendidikan ekonomi keluarga yang dilihat dari bagaimana orang tua menanamkan tanggung jawab dan kemandirian anak, penerapan pendidikan ekonomi anak, pola pendidikan keluarga, dan metode pendidikan keluarga dalam proses pendidikan ekonomi dilakukan orang tua dengan menanamkan nilai-nilai yang baik dan membangun kemudian membiasakan anak dalam bersikap dan berperilaku ekonomi.