DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH WAWASAN KEWIRAUSAHAAN, BANTUAN MODAL, MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP AKTIVITAS BISNIS YANG DIMEDIASI PEMANFAATAN ITPADA PESERTA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA UM

Rully Prasetyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Pertumbuhan ekonomi suatu negara sangat erat kaitannya dengan kewirausahaan. Banyak negara telah membuktikan bahwa pertumbuhan ekonomi negaranya dipengaruhi langsung oleh banyaknya jumlah wirausahawan yang ada di dalam suatu negara. Oleh karena itu sangat diharapkan agar masyarakat Indonesia mampu mengembangkan jiwa kewirausahannya terutama mahasiswa lulusan perguruan tinggi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup wawasan kewirausahaan, bantuan modal, minat berwirausaha, pemanfaatan IT, dan aktivitas bisnis pada peserta program mahasiswa wirausaha UM. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian asosiatif kausalitas yang bersifat ex post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket dan soal tes yang diberikan langsung kepada responden. Untuk menguji instrumen penelitian maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap analisis deskriptif, analisis inferensial yang meliputi analisis jalur sampai pada tahapan pengujian hipotesis.

Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh beberapa simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, wawasan kewirausahaan tidak berpengaruh langsung terhadap aktivitas bisnis pada peserta program mahasiswa wirausaha Universitas Negeri Malang. Kedua, bantuan modal dan minat berwirausaha secara parsial berpengaruh langsung terhadap aktivitas bisnis pada peserta program mahasiswa wirausaha Universitas Negeri Malang. Ketiga, pemanfaatan teknologi informasi gagal dalam menjalankan perannya sebagai variabel moderator. Keempat, bantuan modal dan minat berwirausaha secara parsial tidak dapat berperan sebagai variabel intervening.

Saran dalam penelitian ini berdasarkan pada temuan penelitian. Saran ini ditujukan untuk 1) dosen dan pimpinan program studi agar mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa, 2) mahasiswa agar mampu menerapkan wawasan kewirausahaan yang dimilikinya terutama ketika berbisnis untuk mengurangi resiko gagal bisnis, dan 3) peneliti selanjutnya agar mampu membuat indikator variabel yang lebih sempurna sehingga mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik dari penelitian ini.