DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Yasin, 2017. Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan mediapermainan basam-saman terhadap hasil belajar materi pecahan bagi siswa kelas IV

Yasin Yasin Yasin

Abstrak


ABSTRAK

 

Yasin, 2017. Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media permainan

basam-saman terhadap hasil belajar materi pecahan bagi siswa kelas IV.Tesis Program Studi

Pendidikan Dasar, Program Pasca Sarjana Universitas  Negeri Malang, Pembimbing (1)

 

Kata kunci: make a match, permainan basam-saman, hasil belajar

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran make a match berbantuan media permainan basam-saman dengan yang mengggunakan model konvensional terhadap hasil belajar materi pecahan di kelas IV SD Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Model pembelajaran make a match adalah model yang membagi siswa menjadi kelompok yaitu kelompok yang mendapat jawaban dan kelompok yang mendapat soal pada model make a match ini menjadikan Pembelajaran  dapat tercapai dengan maksimal  apabila seorang guru dapat membuat situasi yang kondusif, efektif, dan efesien dan seorang guru haruslah dapat membuat ilmu pengetahuan yang didapatnya dapat digunakan anak dalam kehidupan sehari hari karena akan menjadi bekal bagi siswa dihari nanti

Penelitian ini menggunakan quasi exsperimental design  ada dua pembagian kelompok yang terdapat pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang mana satu untuk kelas perlakuan berbantuan media permainan basam-saman dan kelas yang satunya hanya mengggunakan model konvensional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 150 siswa seluruh kelas IV siswa SD Islam Sabilal Muhtadin dan sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa terbagi atas kelas IV E kelas Eksperimen dan kelas IV D kelas kontrol. Dan instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk soal objektif / pilihan ganda. Pembuatan instrument tes dikembangkan berdasarkan kisi-kisi pengembangan instrument hasil belajar matematika. selanjutnya pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dalam  tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu penyajian data melalui tabel,grafik dan diagram dan statistik inferensial parametrik yaitu menggunakan ancova program spss 20 untuk mengetahui adanya perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol

Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media permainan basam-saman mempuyai hasil yang signifikan tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model konvensional dan itu terlihat dair hasil uji hipoteis yang menggunakan uji ancova yang menunjukkan bahwa hasil probabilitas 0,000 < 0,005 dan nilai rata-rata yang menunjukkan kelas yang menggunakan model make a match yaitu sebesar 82,17 dan nilai kelas yang menggunakan model konvensional sebasar 20,25. Pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media permainan berpengaruh terhadap hasil belajar materi pecahan pada siswa kelas IV SD Islam Sabilal MuhtadinProf.Dr.Cholis Sa’dijah.M.Pd.Ma : (II) Dr. Lia Yuliati.M.Pd