DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Bias Gender dan Marginalisasi Perempuan Dalam Buku Teks Sejarah SMA (Sebuah Studi Analisis Wacana Pada Buku Teks Sejarah Indonesia SMA Kelas X

Niken Pranandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam buku teks pelajaran khususnya Buku Teks Sejarah, konstruksi buku teks pembelajaran akan dipengaruhi oleh subjektifitas penyusun dan konstruksi sosial budaya dalam memahami konsep-konsep pengetahuan dan wacana kontemporer termasuk dalam hal ini isu tentang gender. Dalam upaya mewujudkan pemahaman mengenai kesetaraan gender, maka sudah selayaknya diperlukan kajian dan penelitian yang mendalam terhadap buku teks Sejarah tersebut. Penelitian ini mengkaji buku teks Sejarah Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta buku Teks Sejarah Indonesia yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marginalisasi perempuan dalam Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013 melalui proses pengeluaran (eksklusi) dan untuk mengetahui marginalisasi perempuan dalam Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013 melalui proses pemasukan (inklusi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan model analisis wacana Theo Van Leeuwen. Dalam penelitian ini, peneliti memilih Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas X yang dikeluarkan oleh Penerbit Erlangga.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua simpulan penelitian. Pertama, dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas X yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditemukan adanya bentuk bias gender dan  marginalisasi perempuan melalui proses pengeluaran (eksklusi) dengan menggunakan strategi pasivasi sebanyak 4 kutipan dan strategi nominalisasi sebanyak 1 kutipan. Dalam buku teks Sejarah Indonesia kelas X yang diterbitkan oleh Erlangga ditemukan adanya bias gender dan marginalisasi perempuan dengan menggunakan strategi pasivasi sebanyak 7 kutipan dan strategi nominalisasi sebanyak 1 kutipan. Kedua, bentuk bias gender dan marginalisasi perempuan melalui proses pemasukan (inklusi) terdapat dalam buku teks Sejarah Indonesia Kelas X yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan strategi diferensiasi-indiferensiasi ditemukan sebanyak  3 kutipan dan strategi nominasi-kategorisasi sebanyak 14 kutipan. Dalam buku teks Sejarah Indonesia Kelas X yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga melalui proses pemasukan (inklusi) dengan menggunakan strategi diferensiasi-indiferensiasi ditemukan sebanyak 4 kutipan dan strategi nominasi-kategorisasi sebanyak 23 kutipan.