DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BIAS GENDER DAN MARGINALISASI PEREMPUAN DALAM BUKU TEKS SEJARAH SMA (SEBUAH STUDI ANALISIS WACANA PADA BUKU TEKS SEJARAH INDONESIA SMA KELAS X)

Niken Pranandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Buku teks telah menjadi bagian yang penting dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran sejarah. Konstruksi buku teks, dipengaruhi oleh subjektivitas penyusunnya dalam memahami konsep-konsep pengetahuan dan wacana kontemporer termasuk isu tentang gender. Dalam upaya mewujudkan pemahaman mengenai kesetaraan gender, maka sudah selayaknya diperlukan kajian dan penelitian yang mendalam terhadap buku teks, khususnya buku teks Sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan model analisis wacana Theo Van Leeuwen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ditemukan muatan marginalisasi perempuan dalam buku teks Sejarah Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta buku Teks Sejarah Indonesia yang diterbitkan oleh Penerbit Erlangga.